Pembuatan Paspor Online 2017, Mudah, Cepat, dan Tanpa Ribet!

Ketika Anda ingin mengunjungi sebuah negara yang paling penting yang harus Anda miliki adalah paspor. Sekarang ini pembuatan paspor online sudah bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus ribet, loh. Sebelum membahas lebih lanjut, akan dijelaskan dulu pengertian paspor secara umum.

Paspor merupakan sebuah dokumen resmi yang diberikan oleh pejabat yang memiliki wewenang dari negara tersebut untuk memberikan data diri dari pemilik paspor dengan tujuan untuk melakukan suatu perjalanan antar negara dengan waktu yang di tentukan.

Apa fungsi dari paspor?

Paspor akan dibutuhkan pada saat Anda berada di perbatasan suatu negara yaitu untuk menunjukkan bahwa Anda adalah seorang warga negara asing bagi negara yang akan Anda kunjungi. Ketika Anda memperlihatkan paspor, Anda akan diberikan izin dengan diberi stempel atau segel dengan visa yang dilakukan oleh petugas yang berada di negara setempat.

Namun, terkadang pada masing-masing negara memiliki kebijakan masing-masing dalam memberikan izin masuk ke negaranya untuk warga negara asing. Pada suatu negara tertentu akan memberikan perjanjian tertentu untuk Anda sebagai warga negara asing agar bisa masuk ke negaranya. Biasanya petugas tersebut akan menanyakan dokumen lain selain paspor untuk memastikan keamanan.

Dahulu, Anda harus mengunjungi kantor imigrasi yang terdekat untuk meminta izin pembuatan paspor dengan persyaratan yang ditentukan. Namun sekarang ini layanan pembuatan paspor online sudah bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Pic Source: Pixabay.com

Data apa saja yang diperlukan untuk membuat paspor?

Data yang diperlukan yaitu identitas diri lengkap berupa foto pemilik paspor, tempat tanggal lahir, tanda tangan informasi kebangsaan, serta berbagai informasi lainnya yang mendukung valid atau tidaknya dari sebuah dokumen sang pemilik paspor untuk pembuatan paspor online.

Untuk lebih tepatnya, berikut ini merupakan persyaratan yang harus dipersiapkan untuk membuat paspor secara online yaitu sebagai berikut:

  • Scan e-ktp dengan file .jpeg dan tidak berwarna atau warna grayscale
  • Scan kartu keluarga dengan file .jpeg dan tidak berwarna atau warna grayscale
  • Scan ijazah, akta kelahiran, surat nikah dengan file .jpeg dan tidak berwarna atau warna grayscale

Pembuatan paspor online itu sangat mudah, untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan ketika Anda akan membuat paspor secara online.Yang pertama adalah submit data yang diperlukan melalui website ditjen imigrasi RI dengan melakukan berbagai input data sebagai berikut.

  1. Menyiapkan berbagai berkas yang dibutuhkan untuk pembuatan paspor online.
  2. Kemudian membuka situs Ditjen Imigrasi Indonesia di www.imigrasi.go.id dan lihat menu bagian atas website tersebut. Pilih menu Layanan Publik – Layanan online – Layanan Paspor Online.
  3. Setelah Anda klik menu layanan yang sudah di jelaskan tadi, kemudian pilih menu yang menunjukkan jika Anda ingin membuat sebuah paspor baru. Pilih menu pra permohonan personal untuk Anda yang ingin membuat paspor baru,
  4. Pada halaman yang muncul ini, Anda diwajibkan untuk mengisi sebuah formulir dengan berbagai kolom yang sudah tersedia. Yang perlu Anda lakukan hanya mengisi kolom yang disediakan sesuai dengan yang diminta.
  5. Dalam halaman tersebut, Anda harus mengisi data yang diminta dengan benar tak boleh ada kesalahan huruf satu pun karena nantinya akan sangat berpengaruh pada dokumen paspor Anda. Setelah selesai memasukkan data, kemudian tekan lanjut untuk melanjutkan langkah  berikutnya.
  6. Setelah selesai entri data hal yang dilakukan selanjutnya yaitu membayar sejumlah biaya pembuatan paspor online yang hanya bisa dilakukan melalui BNI, dan transaksi pembayaran ini tak bisa menggunakan e-banking atau transfer melainkan harus setor langsung ke Bank BNI.
  7. Setelah proses pembayaran biaya pembuatan paspor selesai, Anda bisa melanjutkan proses pendaftaran paspor. Setelah membayar Anda sudah bisa menentukan waktu yang tepat kapan bisa melakukan foto serta wawancara.
  8. Sebelum mendatangi kantor imigrasi terdekat untuk foto dan wawancara, pastikan untuk membawa berkas lengkap yang asli alias bukan soft-file dan pastikan untuk mengenakan pakaian rapih sebisa mungkin menggunakan kemeja.
  9. Proses foto dan wawancara akan memakan waktu yang tak sebentar karena akan ditanya berbagai pertanyaan terkait dengan pembuatan paspor ke suatu Negara itu untuk tujuan apa dan lain-lain. Setelah semua prosedur pembuatan paspor terlewat, paspor bisa di ambil 4 hari kemudian.

Setelah berbagai proses dilakukan, masih ada beberapa proses yang diperlukan untuk verifikasi data sang pemilik paspor. Memang cukup ribet, namun hal ini nantinya akan sangat memudahkan Anda serta mencegah risiko kesalahan input data yang akan membahayakan Anda ketika mengunjungi suatu Negara.

Jika sudah mengisi data melalui situs Ditjen Imigrasi RI sesuai dengan prosedur, hal selanjutnya adalah Anda harus mendatangi kantor imigrasi RI terdekat pada hari dan tanggal yang yang tertera pada tanda terima permohonan. Tentunya jangan sampai Anda melewati waktu yang sudah ditentukan untuk melakukan wawancara.

Lantas bagaimana jika pada hari H tersebut tidak bisa datang?

Jika Anda memiliki jadwal yang lebih penting dan tak bisa datang ke kantor imigrasi RI pada waktu yang sudah ditentukan, jangan lantas panik dan khawatir karena  Anda masih dapat menjadwalkan ulang paling lambat tujuh hari setelahnya.

Baca Juga: Ingin Punya Paspor Tanpa Ribet? Ini Dia Cara Membuat Paspor Online Dengan Mudah dan Cepat

Baca Juga: Apa Itu Startup? Ketahui Tips Memulai Bisnis Startup Ini!

Untuk persiapan diri Anda dalam melakukan wawancara memang perlu beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan wawancara pembuatan paspor di kantor imigrasi RI untuk mencegah hal-hal yang nantinya akan memberikan masalah yang krusial dalam pembuatan paspor.

Tips wawancara paspor yaitu:

  1. Menyiapkan segala berkas paspor yang digunakan sebagai syarat dengan menyiapkan pula salinan atau dalam bentuk fotocopy. Untuk berjaga-jaga, Anda bisa membawa salinan sebanyak 2 lembar. Seperti pepatah mengatakan sedia payung sebelum hujan, maka dalam konteks ini lebih baik Anda berjaga-jaga dari pada nantinya ribet dan menyusahkan diri Anda sendiri.
  2. Anda bisa datang ke kantor imigrasi RI lebih awal agar bisa mendapatkan nomor antrean yang awal pula sehingga Anda tak perlu berlama-lama antre untuk melakukan wawancara pembuatan paspor. Intinya jika Anda ingin lebih cepat maka datanglah lebih awal.
  3. Setelah wawancara terdapat sesi foto paspor, maka pastikan untuk datang dengan penampilan yang sopan menggunakan pakaian yang resmi, minimal menggunakan kemeja.

Judulnya memang pembuatan paspor online namun mengapa masih harus datang ke kantor imigrasi serta untuk pembayaran biaya pembuatan paspor harus datang langsung ke bank? Mungkin banyak yang mempertanyakan hal ini. Mengurus paspor online ini memang agak sedikit kurang pas dan kurang praktis karena pada akhirnya ada beberapa hal yang tak bisa dilakukan secara online, seperti transaksi pembayaran dan juga berbagai hal lainnya seperti foto dan wawancara yang harus datang langsung ke kantor imigrasi RI.

Mengapa bisa seperti itu ya?

Tentu hal tersebut di atas memiliki maksud tersendiri yang tak banyak diketahui oleh masyarakat. Alasan mengapa ada beberapa hal yang tak bisa dilakukan secara online yaitu:

  1. Yang pertama, pada transaksi pembayaran biaya pembuatan paspor online memang harus dilakukan di bank secara langsung dan tak bisa menggunakan transaksi lain baik transfer atau pun jenis pembayaran apa pun. Mengapa? Hal ini akan mengurangi risiko kesalahan dan akan menjadikan transaksi pembayaran benar-benar sah. Selain itu Anda juga akan lepas tanggung jawab ketika ada kesalahan yang dilakukan oleh petugas bank. Pada dasarnya paspor ini merupakan dokumen yang sangat krusial dan penting sehingga pihak imigrasi RI memberikan persyaratan yang cukup ketat.
  2. Walaupun judulnya online, namun pada akhirnya Anda tetap dituntut untuk mendatangi kantor imigrasi RI terdekat dalam mengurus beberapa hal seperti wawancara,pengambilan foto, dan pengambilan paspor. Tentunya hal ini perlu dilakukan karena untuk memastikan keamanan serta kevalidan dari data diri atau identitas dari sang pemilik paspor.
  3. Tentunya dengan pendaftaran paspor online ini menjadikan Anda tak perlu antre lama seperti sebelumnya. Selain itu dalam hal bolak-balik kantor imigran menjadi lebih sedikit yaitu hanya 2 kali datang saja pada saat foto dan wawancara, serta pada saat pengambilan paspor yang sudah jadi.
  4. Walaupun belum sepenuhnya transaksi pembuatan paspor online ini dilakukan seutuhnya dengan bantuan jaringan internet, namun tetap saja memberikan kemudahan lebih untuk Anda karena prosedurnya cukup mudah.
  5. Sebelumnya untuk antre membuat paspor itu sangat lama dari pagi buta saja sudah ada yang mengantre untuk diberikan sebuah pelayanan pembuatan paspor. Namun sekarang ini dengan adanya bantuan pelayanan secara online memudahkan seseorang dalam membuat paspor baru maupun memperpanjang paspor online.

Di balik berbagai hal yang yang janggal, ternyata ada manfaat lebih yang akan Anda rasakan bukan? Perlu di ketahui dalam membuat sebuah sistem memang cukup sulit karena ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan. Tentunya imigrasi RI telah membuat sistem online yang sudah di kaji berulang kali sampai dengan mendapatkan cara yang terbaik untuk kemudahan akses kantor imigrasi dan juga para peserta yang akan membuat paspor baru atau pun memperpanjang paspor online.

Dari serangkaian hal yang telah Anda lakukan untuk pembuatan paspor online ini, bagian akhir yang di tunggu-tunggu yaitu pengambilan paspor. Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika paspor bisa di ambil 4 hari setelah pengambilan foto dan juga wawancara.

Di mana Anda bisa mengambil paspor?

Tentunya paspor bisa di ambil di kantor imigrasi RI tempat di mana Anda melakukan foto dan juga wawancara. Pada saat pengambilan paspor anda tak perlu takut antre lama dan berangkat pagi buta untuk bisa mengambilnya. Tak perlu heboh dan khawatir karena proses pengambilan paspor ini sangatlah cepat prosesnya sehingga tak perlu buru-buru.

Untuk mengambil paspor, Anda hanya perlu menunjukkan bukti pembayaran ke loket pengambilan paspor. Petugas akan memeriksa data secara lengkap dan memastikan tak ada data yang salah. Paspor pun sudah jadi dan bisa Anda gunakan untuk bepergian ke luar negeri dengan aman dan nyaman.

Hal di atas tersebut kurang-lebihnya merupakan berbagai hal yang perlu untuk diperhatikan dengan baik agar proses pembuatan paspor dapat berjalan dengan baik dan juga lancar. Dari berbagai informasi yang sudah diberikan pada artikel kali ini, Anda menjadi lebih tahu bukan hal apa saja yang harus dilakukan pada saat pembuatan paspor online? Semoga Anda yang sudah membaca artikel ini dapat merasakan manfaatnya secara nyata.

Leave a Reply