Perlindungan Penuh dengan Asuransi Mobil All Risk

Berbagai produk asuransi masih belum terlalu menarik bagi sebagian masyarakat Indonesia. Banyak dari mereka yang tidak melindungi harta berharganya menggunakan asuransi.

Jumlah masyarakat tanah air yang terlindungi asuransi hanya sekitar 25% saja.

Di luar negeri, asuransi sudah menjadi kebutuhan. Beragam jenis asuransi termasuk untuk asuransi kendaraan bermotor.

Asuransi untuk mobil merupakan yang memiliki jumlah cukup besar dari seluruh jenis asuransi kendaraan. Untuk pemahaman asuransi mobil, berikut beberapa tambahan informasinya.

asuransi mobil all risk

Pic Source: Pixabay.com

Mengenai Asuransi Mobil

Secara umum terdapat dua jenis asuransi, yakni total loss only atau asuransi TLO dan satu lagi adalah asuransi mobil all risk.

Masing-masing asuransi tentunya memilki perbedaan di jumlah pertanggungan dan juga biaya preminya. Untuk lebih jelasnya mengenai jumlah biaya asuransi, berikut penjelasannya.

1) Tentang asuransi all risk

All risk atau komprehensif merupakan jenis asuransi yang memberikan jaminan terhadap mobil apabila mengalami kerusakan kecil hingga berat.

Asuransi mobil all risk berbeda dengan TLO yang hanya memberikan biaya perlindungan hanya jika mobil mengalami kerusakan dengan kerugian 75% dari harga mobil.

2) Kerusakan yang dilindungi asuransi all risk

Banyak orang yang masih bertanya-tanya, asuransi all risk mobil meliputi apa saja. Kerusakan ringan yang diakibatkan karena mobil terbentur, penyok, kaca pecah, atau terserempet.

Jadi asuransi ini akan mengganti semua biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan spare part mobil nantinya.

3) Kerusakan berat

Apabila mobil mengalami kerusakan berat atau pun hilang, akan diberikan asuransi dari jenis all risk.

Kerusakan berat bisa diakibatkan karena kebakaran, kerusakan akibat kecelakaan hebat, kerusakan berat akibat kerusuhan, atau karena sebab lain seperti banjir dan gempa bumi.

4) Perbedaan dengan TLO

Untuk all risk, asuransi ini akan memberikan dana meskipun nilai kerusakan mobil tidak terlalu besar.

Berbeda dengan TLO yang hanya memberikan pertanggungan untuk kerusakan dengan nilai yang besar dengan minimal 75% dari nilai mobil yang diasuransikan.

Itulah sekilas info mengenai asuransi all risk. Untuk mobil yang berumur muda atau yang ingin perlindungan penuh pilihannya asuransi mobil all risk yang bagus.

Baca juga: Perbedaan Asuransi Syariah dan Konvensional

Baca juga: Bi Checking Online Melalui Web Bank Indonesia

Alasan Mobil Anda harus Diasuransikan

Banyak orang yang enggan mengikuti asuransi dengan berbagai alasan. Berikut gambaran pentingnya asuransi untuk Anda yang masih enggan mengikuti asuransi.

1) Kecelakaan

Pasti banyak orang yang lebih memilih asuransi mobil all risk termurah. Biaya lebih ringan dan bisa menjamin jika suatu saat mengalami kecelakaan.

Kecelakaan tentu tidak diharapkan, tetapi hal buruk tersebut tetap terjadi. Kerugian dari hal tak terduga tersebut bisa dibantu jika memiliki asuransi.

2) Biaya yang semakin mahal

Terjadinya kecelakaan akan membuat seseorang harus mengeluarkan biaya, baik untuk pengobatan diri atau pun perbaikan kendaraan.

Setiap harinya biaya untuk hal tersebut terus naik, akan lebih ringan jika ada pertanggungan dari dana asuransi yang diikuti.

3) Tugas pemilik kendaraan

Masa depan tidak bisa ditebak apa yang akan terjadi terhadap kendaraan Anda.

Maka dari itu untuk menjamin masa depan tersebut, disarankan bagi pemilik mobil untuk mengikuti asuransi mobil all risk yang bagus.

Hal tersebut untuk melindungi diri dan juga kendaraan yang dimiliki.

Demikian beberapa alasan mengapa asuransi menjadi cukup penting untuk Anda ikuti. Mungkin bisa menjadi referensi bagi pemilik kendaraan yang malas mengikuti asuransi.

Sistem Kerja Asuransi Mobil

Ada beragam faktor yang menjadi pertimbangan perhitungan premi atau biaya asuransi. Simulasi asuransi mobil yang dibayarkan akan dipengaruhi oleh beberapa hal berikut.

1) Jenis asuransi mobil

Pertanggungan yang diberikan masing-masing jenis asuransi mobil tidak sama. Begitu juga dengan premi yang harus dibayarkan. Untuk asuransi yang jenis all risk akan lebih mahal dari TLO.

2) Tambahan pertanggungan

Anda bisa memiliki tambahan pertanggungan dari asuransi dari jumlah pertanggungan standar. Tambahan tersebut juga akan mempengaruhi biaya premi yang harus dikeluarkan.

3) Daerah operasional mobil

Pemilik mobil bisa mendapatkan asuransi mobil all risk termurah di daerah-daerah tertentu.

Setiap wilayah mempunyai perhitungan premi yang tidak sama, walaupun selisih setiap daerah tidak terlalu besar.

4) Umur mobil yang diasuransikan

Semakin tua tahun kendaraan, umumnya lebih besar risiko kendaraan bermasalah. Jadi jika Anda memberikan asuransi untuk mobil tua, premi asuransi bisa lebih mahal dari mobil-mobil dengan tahun keluaran terkini.

5) Jumlah premi yang dibayar

Setelah perhitungan di atas, premi untuk simulasi asuransi mobil yang dibayarkan akan dihitung berdasarkan jumlah pertanggungan yang diinginkan dan besarnya suku premi yang ditetapkan.

Itulah beberapa informasi tentang pentingnya asuransi dan cara perhitungan premi yang perlu dibayar setiap waktunya.

Baca juga: Reksadana Syariah Terbaik dan Keuntungannya

Menentukan Jenis Asuransi Terbaik

Asuransi terbaik untuk setiap kendaraan tentu saja berbeda-beda. Pilih lah asuransi yang sesuai dengan umur kendaraan dan daerah operasionalnya. Berikut adalah beberapa penjelasan lebih lengkapnya.

1) Umur kendaraan

Pemilik kendaraan dengan umur kurang dari atau 10 tahun, memang lebih baik mengikuti all risk karena asuransi all risk mobil meliputi apa saja.

Akan lebih terlindungi jika mobil Anda didaftarkan dalam asuransi all risk. Sedangkan untuk yang lebih dari 10 tahun, TLO sudah cukup untuk melindungi.

2) Memilih perlindungan

Sebenarnya Anda bisa merendahkan premi dengan tidak memilih jenis perlindungan yang dirasa tidak Anda perlukan.

Misalkan daerah Anda di dataran tinggi yang tidak pernah terkena banjir, bisa menghilangkan pertanggungan untuk hal tersebut.

Untuk daerah rawan bencana memang lebih aman jika mengambil pertanggungan tersebut. Namun jika Anda mengoperasikan mobil di tempat-tempat yang cukup aman, sebaiknya tidak ambil pertanggungannya, sehingga premi asuransi dapat lebih murah.

Itulah beberapa pertimbangan bisa digunakan untuk mendapatkan asuransi mobil all risk termurah. Cermati biaya dan jenis pertanggungan, jika sesuai pilih dan sebaliknya. Coret pertanggungan yang menurut Anda tidak begitu penting.

Mendapatkan Asuransi Mobil

Sebelum mendaftar asuransi kendaraan, terdapat beberapa aturan bagi peserta asuransi. Bagi Anda yang ingin mengikuti asuransi mobil, bisa membaca persyaratan berikut.

1) Syarat peserta

Pemilik kendaraan yang bisa menjadi peserta asuransi adalah yang berusia di atas 17 tahun. Tidak hanya usia, peserta asuransi juga hanya untuk yang memiliki STNK dan SIM. Penuhi persyaratan tersebut untuk bisa menjadi peserta asuransi mobil all risk.

2) Syarat dokumen

Jika Anda ingin mengikuti asuransi mobil all risk yang bagus, terlebih dahulu harus menyiapkan beberapa dokumen. Seperti foto kopi kartu identitas dan juga foto kopi STNK. Tambahan dokumen lainnya sesuai dengan yang diminta dari perusahaan asuransinya.

Persyaratan di atas harus dipenuhi untuk bisa terdaftar sebagai peserta asuransi. Mungkin ada beberapa tambahan, karena setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan sendiri-sendiri.

Mengajukan Klaim Asuransi

Untuk mendapatkan pertanggungan tentunya terlebih dahulu perlu mengajukan klaim asuransi. Berikut adalah beberapa prosedur dan dokumen yang dibutuhkan dalam pengajuan klaim.

1) Surat keterangan dari pihak kepolisian

Dokumen yang cukup penting adalah surat dari polisi setempat untuk pernyataan tertulis yang menjadi bukti kejadian atau kecelakaan yang menimpa mobil Anda.

Tanpa dokumen ini, pengajuan pasti akan sulit karena pihak asuransi tidak bisa percaya dengan alasan pengajuan klaim mobil yang diberikan.

2) Dokumen pengajuan klaim

Biasanya setiap perusahaan asuransi menyediakan beberapa dokumen yang perlu diisi untuk proses pengajuan klaim.

Tambahan lainnya berupa foto kendaraan yang memperlihatkan letak dan tingkat kerusakan mobil.

Itulah beberapa dokumen untuk pengajuan agar Anda bisa mendapatkan pertanggungan dari asuransi mobil all risk. Pihak asuransi pasti akan memberikan informasi lanjutan dan juga tentang pertanggungannya.

Leave a Reply