Perlu Tahu! Serba-Serbi Pinjaman Uang Tanpa Jaminan

Apa tujuan kita bekerja atau melakukan sebuah usaha? Pastinya karena ingin mendapat banyak uang bukan?

Ya, uang memang menjadi komponen penting di kehidupan yang serba modern ini. Ada saja berbagai hal yang harus dibeli atau pun dibayar dengan uang.

Ketika Anda sedang membangun sebuah usaha namun tak memiliki jumlah modal yang cukup, maka apa yang akan Anda lakukan?

Tentu saja meminjam uang pada berbagai lembaga penyedia pinjaman bukan? Yang menjadi pertanyaan adalah, adakah lembaga yang memberikan pinjaman uang tanpa jaminan?

Di zaman yang serba cepat dan modern ini, berbagai kemudahan bisa dirasakan, salah satunya adalah kemudahan untuk mendapatkan pinjaman uang.

Banyak sekali lembaga yang menyediakan pinjaman uang untuk berbagai kalangan masyarakat misalnya saja bank, koperasi, leasing, dan berbagai lembaga lainnya.

Pada kesempatan kali ini akan memberikan Anda informasi seputar kemudahan mengajukan pinjaman uang tanpa jaminan kepada bank yang menyediakan produk pinjaman.

pinjaman uang tanpa jaminan

Pic Source: Pixabay.com

Ingin Mengajukan Pinjaman pada Bank? Perhatikan Hal Ini!

Ada banyak sekali bank yang saat ini beroperasi untuk memberikan pelayanan keuangan untuk berbagai kalangan masyarakat salah satunya adalah bank.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin mengajukan pinjaman pada bank tertentu yaitu:

  • Jumlah modal yang diperlukan

Sebelum menentukan bank mana yang akan Anda pilih untuk mengajukan sebuah pinjaman, Anda harus memastikan berapa jumlah pinjaman yang ingin Anda lakukan.

Ketika Anda ingin melakukan pinjaman dalam jumlah yang besar, tentu saja ada jaminan yang harus dipenuhi.

Namun ketika Anda meminjam uang dalam jumlah yang sedikit, maka Anda bisa mendapatkan pinjaman uang tanpa jaminan yang diberikan untuk Anda.

  • Syariah atau non syariah

Sekarang ini ada beberapa bank yang menganut sistem syariah tanpa riba. Untuk Anda yang ingin melakukan transaksi lebih sesuai dengan ajaran islam, maka memilih bank syariah akan menjadikan Anda lebih tenang dalam melakukan berbagai transaksi keuangan.

  • Cicilan per bulan yang harus di bayarkan

Selain menentukan besar kecilnya modal yang akan dipinjam, Anda juga harus memperhatikan jumlah cicilan yang harus dibayar setiap bulannya, apakah Anda mampu membayar cicilan sebesar yang ditentukan atau pun tidak.

Jika tidak maka ajukan pinjaman dengan jumlah yang lebih kecil.

  • Memilih produk kredit yang tepat

Ketika Anda membutuhkan modal untuk melakukan usaha, maka pastikan untuk memilih produk yang tepat agar bisa mendapatkan berbagai keuntungan lebih.

Setelah memperhatikan berbagai hal tersebut dengan matang, barulah Anda siap untuk melakukan tahap lebih lanjut yaitu memilih bank penyedia pinjaman uang tanpa jaminan yang sesuai dengan Anda.

Tak semua bank memberikan pinjaman uang tanpa jaminan apalagi jika jumlah yang dipinjam itu jumlahnya begitu besar.

Fungsi jaminan bagi bank itu tak lain dan tak bukan adalah untuk berjaga-jaga agar nantinya jika sesuatu hal buruk terjadi dan Anda tak bisa membayar angsuran Anda dengan baik, maka pihak bank bisa menarik jaminan yang telah diberikan tersebut.

Baca Juga: Cara Menabung Saham, Investasi Mudah yang Menjanjikan

Baca Juga: Apa Itu Investasi dan Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mulai Investasi

Namun untuk Anda yang ingin mengajukan pinjaman dengan jumlah yang sedikit, Anda juga bisa mendapatkan pinjaman uang tanpa jaminan pada bank-bank tertentu atau pun berbagai lembaga pemberi pinjaman uang lainnya.

Tentu saja untuk bisa mendapatkan pinjaman uang tanpa jaminan itu tak akan mudah dan harus memenuhi berbagai persyaratan yang sangatlah ketat.

Hal ini dilakukan agar pihak bank mempercayai anda untuk bisa membayar tagihan per bulan dengan lancar.

Ketika anda memang benar-benar membutuhkan uang tersebut, tentu saja harus memenuhi segala persyaratan yang dibutuhkan oleh pihak pemberi pinjaman.

Program KUR dari Bank

Untuk Anda yang ingin meminjam sejumlah dana demi meningkatkan modal usaha, maka pilihlah bank yang menyediakan program KUR paling menguntungkan yang bisa memberikan kemudahan bagi Anda.

Banyaknya produk yang diberikan dari bank ini memang cukup membuat bayak orang bingung, namun pastikan untuk memilih bank dengan program kredit usaha rakyat sebagai berikut.

  • Pilih bank dengan produk KUR yang memudahkan Anda dalam melakukan berbagai transaksi.
  • Pilih bank dengan memberikan plafon yang sesuai dengan yang anda ingin ajukan pada pihak bank. Biasanya, bank akan memasang batas maksimum plafon dan lama membayar angsuran. Maka dari itu, Anda harus tepat dalam mengajukan pinjaman yang sesuai dengan kemampuan Anda.
  • Anda bisa memilih program pinjaman yang paling menguntungkan, misalnya saja Anda tak perlu lagi harus ke bank pada tanggal jatuh tempo melainkan pihak bak yang datang menemui Anda untuk membayarkan tagihan pinjaman yang harus dibayar. Ketika usaha yang dilakukan mulai maju dan menyibukkan Anda, maka tak bingung lagi ketika harus membayar cicilan atau kredit.

Lembaga Penyedia Pinjaman Terpercaya

Dari berbagai hal tersebut, terdapat beberapa lembaga penyedia pinjaman yang siap untuk memberikan pinjaman uang tanpa jaminan yang akan memberikan banyak keuntungan yaitu:

Bank Danamon

Memiliki program kredit usaha dengan plafon maksimal Rp 50.000.000,- hanya dengan memenuhi persyaratan berupa KTP dan KK saja.

Namun tentu saja persyaratan lain yang perlu dimiliki itu, nasabah yang ingin mengajukan pinjaman uang tanpa jaminan tersebut adalah seorang yang memiliki usaha yang sedang berjalan dengan baik dan memiliki prospek karir yang juga baik.

Bank BTPN

Memberikan program untuk Anda yang memiliki usaha ritel atau usaha lainnya dengan memberikan plafon maksimal sebesar Rp 50.000.000,-.

Bank ini memberikan keuntungan bukan hanya pinjaman uang tanpa jaminan untuk para wirausaha, namun juga memberikan program khusus untuk para pemilik usaha agar bisa mengembangkan usaha menjadi lebih maju dan lebih baik lagi.

Syarat yang perlu diperhatikan yaitu:

  • Hanya perlu untuk menunjukkan KTP dan KK yang masih berlaku
  • Bisa menunjukkan jika usaha yang Anda jalankan itu berjalan dengan baik selama 2 tahun ke belakang dan mengalami kemajuan.
  • Nasabah harus datang ke bank secara langsung untuk mengurus pengajuan pinjaman.
  • Terdapat biaya provisi sebesar 3% dari plafon kredit yang telah Anda setujui sebelumnya.
  • Jika Anda telat membayar angsuran, maka terdapat biaya denda yang dihitung minimal sebesar 4% dari angsuran perbulan.
  • Terdapat biaya percepatan pelunasan yang dihitung 3 kali lipat dari biaya angsuran per bulannya.
  • Kredit tanpa agunan

Ketika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman namun tak bisa melakukan pinjaman di berbagai lembaga seperti bank, maka bujuk kerabat Anda yang merupakan seorang pegawai untuk bisa melakukan pinjaman di bank atau bisa disebut juga dengan pinjam nama.

Hal ini menjadi satu-satunya harapan yang bisa dilakukan ketika Anda membutuhkan pinjaman dana untuk modal dengan jumlah yang tak sedikit.

Hal yang perlu diketahui sebelumnya yaitu:

  • Kredit tanpa agunan ini merupakan sebuah kredit yang hanya diberikan oleh seorang pegawai yang bekerja pada sebuah perusahaan tertentu.
  • Persyaratan yang dibutuhkan hanyalah KTP sang peminjam yang bekerja pada sebuah perusahaan tersebut tanpa harus memberikan jaminan lainnya, asalkan sang peminjam bersedia dan mampu untuk melunasi utang secara tepat waktu.
  • Dengan melakukan hal tersebut, Anda bisa mendapatkan modal dan pastikan untuk tepat waktu membayar tagihan kepada kerabat yang sudah berbaik hati memberikan pinjaman dengan atas nama dirinya.

Pegadaian

Ketika sudah tak ada lagi bank yang mau memberikan pinjaman karena tak memenuhi berbagai persyaratan yang harus dipenuhi, maka masih ada harapan untuk mencoba mengajukan pinjaman uang tanpa jaminan ke pegadaian.

Lantas bagaimana cara mengajukan pinjaman dana ke Pegadaian? Berikut kami uraikan cara mengajukan pinjaman dana ke Pegadaian:

  • Anda hanya perlu untuk datang langsung ke Pegadaian untuk memilih produk pinjaman yang disediakan.
  • Jika sudah, maka Anda akan tahu berbagai mekanisme yang harus dilakukan.
  • Jika sudah mengerti dengan baik, bawa barang yang akan digunakan untuk digadaikan untuk bisa mendapatkan pinjaman uang.
  • Barang tersebut akan diteliti dari segi kualitas untuk bisa ditaksir dan kemudian ditentukan harganya.
  • Setelah itu, kasir akan memberikan pinjaman sebesar nilai taksir barang yang Anda gadai, tanpa ada potongan biaya administrasi kecuali potongan premi asuransi.
  • Pastikan menggadaikan berbagai barang hanya di Pegadaian milik pemerintah.

Tips Agar Bank Mau Memberikan Pinjaman

Ketika Anda ingin mengajukan pinjaman uang tanpa jaminan pada suatu bank, maka ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar pihak bank mau memberikan pinjaman pada Anda yaitu sebagai berikut:

  • Pastikan telah memiliki usaha minimal sudah 2 tahun berjalan dengan lancar dan menunjukkan prospek usaha yang maju. Ketika Anda baru memulai usaha atau usaha berjalan kurang dari setahun, maka pihak bank tak bisa memberikan Anda produk pinjaman uang tanpa jaminan untuk Anda.
  • Pastikan hasil usaha yang Anda jalankan bisa menutup cicilan atau angsuran kredit perbulan. Karena ketika sekali saja Anda melakukan kesalahan atau keterlambatan, maka pihak bank mulai tak percaya dengan kemampuan Anda dan segan memberikan pinjaman pada hari-hari yang akan datang.
  • Pastikan Anda tak memiliki utang yang besarnya melebihi penghasilan usaha yang dimiliki.
  • Pastikan usaha yang Anda lakukan itu memiliki catatan keuangan yang baik per hari atau minimal per bulan memiliki rekap data keuangan yang asli dan lengkap.
  • Ketika ingin mengajukan pinjaman, maka pastikan Anda memiliki rekening pada bank tersebut. Jika belum punya, maka pastikan untuk membuat rekening bank terlebih dahulu.
  • Jangan sampai Anda memiliki tunggakan kredit konsumsi yang palsu.
  • Pastikan semua identitas diri yang Anda miliki adalah asli da bukan palsu. Sepintar-pintarnya anda melakukan manipulasi untuk memalsukan data diri Anda, pasti antinya akan ketahuan dan tentu sja hanya akan merugikan diri Anda sendiri.

Ketika sudah sama sekali tak ada harapan untuk bisa mendapatkan pinjaman uang tanpa jaminan, maka satu-satunya jalan terakhir itu meminjam uang kepada sanak saudara.

Hanya keluarga yang mau membantu ketika Anda mengalami berbagai kesusahan dan kesulitan apa pun. Bantuan finansial dari keluarga akan mengalir ketika Anda mampu untuk bertanggung jawab atas apa yang telah anda pinjam.

Sesulit apa pun finansial serta membutuhkan pinjaman uang tanpa jaminan, jangan pernah sekali pun untuk melakukan pinjaman uang pada rentenir atau lintah darat karena hal tersebut justru akan menjadikan hidup Anda makin susah karena bunga yang diberikan itu tak masuk akal.

Semoga informasi seputar pinjaman uang tanpa jaminan kali ini bisa memberikan Anda bayak manfaat .

Leave a Reply