Pinjaman Modal Usaha Untuk Memulai Bisnis

Modal seringkali dianggap sebagai hambatan untuk memulai bisnis atau usaha. Sebenarnya kini modal bukan menjadi persoalan utama yang dapat menghalangi Anda untuk memulai usaha.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menanganinya seperti mencari pinjaman modal usaha.

Kini yang terpenting adalah Anda mempersiapkan konsep bisnis yang matang lebih dahulu. Dengan konsep bisnis yang matang maka Anda bisa dengan yakin melakukan pinjaman modal usaha tanpa takut tidak bisa atau kesulitan untuk mengembalikannya.

Selain itu bagaimana konsep bisnis yang akan Anda jalankan juga menjadi pertimbangan peminjam modal.

Hal yang paling utama menjadi pertimbangan peminjam modal tentu adalah bagaimana konsep bisnis atau usaha yang akan Anda jalankan.

Melalui konsep tersebut mereka akan mampu memperkirakan kesanggupan Anda dalam mengembalikan modal yang dipinjamkan.

Jadi Anda harus menyusun konsep bahkan strategi bisnis yang meyakinkan lebih dulu.

Setelah selesai pada urusan konsep bisnis maka barulah Anda pertimbangkan tempat pinjaman modal usaha mana yang akan Anda pilih.

Tempat Pinjam uang Proses Cepat

Kini baik pemerintah maupun swasta semakin mendukung kegiatan usaha mandiri rakyat. Sehingga semakin banyak pilihan tempat yang menyediakan pinjaman untuk modal usaha.

Di mana sajakah kita bisa melakukan pinjaman modal usaha? Kita sampai pada pembahasan ini, mari kita lihat berbagai pilihan tempat pinjaman yang bisa menjadi sumber modal usaha Anda.

pinjaman modal usaha

Pic Source: Pixabay.com

  1. Bank

Di Indonesia ada banyak bank, yang pada umumnya menyediakan tawaran pinjaman modal usaha. Jadi Ada bisa memilih bank mana saja.

Tentu berbagai hal bisa Anda pertimbangkan. Sebelum mempertimbangkannya tentu untuk memudahkan Anda, list bank yang memberikan pinjaman modal yang ada di sekitar Anda.

Untuk membandingkannya, perhatikan beberapa kriteria berikut ini:

Lihat Kredibilitas Masing-Masing Bank

Cara mudahnya adalah dengan melihat apakah bak tersebut memiliki cabang-cabang atau kantor pusat di berbagai daerah. Kemudian jumlah nasabah juga bisa menjadi pertimbangan.

Dengan adanya internet, kini untuk mendapatkan informasi mengenai bank tertentu bukanlah hal yang sulit.

Bandingkan Suku Bunga yang Ditawarkan Oleh Masing-Masing Bank

Ada bank yang menawarkan suku bunga tetap dan ada pula yang menawarkan suku bunga mengambang. Suku bank yang ditawarkan bank akan berpengaruh pada nominal yang akan Anda pinjam.

Anda bisa lebih banyak dan rajin bertanya atau mengobrol dengan pihak bank. Bisa juga dengan kerabat yang pernah melakukan pinjaman.

Berapa Limit Pinjaman yang Bisa Anda Dapatkan

Hal ini salah satunya berkaitan dengan besar usaha Anda. Jika usaha Anda kecil menengah maka modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Sementara usaha besar membutuhkan modal besar.

Berapa Lama Jangka Waktu Pinjaman yang Ditawarkan

Anda harus menyesuaikan dengan perkiraan kemampuan finansial Anda. Ini penting karena menyangkut masa depan Anda.

Syarat dan Fasilitas Tambahan

Tentu setiap bank memiliki syarat dan fasilitas tambahan yang berbeda-beda. Lihat persyaratan mana yang mampu Anda penuhi. Juga seperti apa fasilitas tambahan yang diberikan.

Anda bisa melihat bank mana yang memberikan fasilitas tambahan yang paling menguntungkan. Fasilitas tambahan yang dimaksud misalnya pemberian pembekalan usaha, dan sebagainya.

Dengan mempertimbangkan kelima hal tersebut maka tentunya Anda akan lebih mudah dalam memilih bank mana yang akan Anda gunakan untuk melakukan pinjaman modal usaha.

Selain itu, yang perlu Anda ketahui tentang pinjaman di bank adalah bahwa bank umumnya menyediakan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Jadi, Anda bisa meminjam modal dengan jumlah besar tanpa menjaminkan suatu barang berharga milik Anda.

Anda juga bisa memilih pinjaman di bank dengan jaminan. Jadi memang keduanya, yaitu pinjaman dengan jaminan dan Kredit Tanpa Agunan (KTA) umumnya tersedia di bank.

Bank juga membedakan pinjaman berdasarkan jenis usaha. Ada pinjaman kredit mikro, kredit usaha kecil, kredit usaha menengah, dan kredit korporasi. Pembedaan jenis ini tentu akan menguntungkan bagi para peminjam modal di Bank.

  1. Pegadaian

Pegadaian adalah salah satu perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang ada di Indonesia yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa peminjaman uang berdasarkan hukum gadai.

Artinya peminjaman uang di Pegadaian dilakukan dengan menggadaikan suatu barang sebagai jaminannya.

Ada berbagai layanan pinjaman yang ada di Pegadaian dengan syarat agunan (jaminan) yang bervariatif dari alat rumah tangga, BPKB, emas, mobil, dan sebagainya. Berbagai pinjaman tersebut diberikan baik untuk keperluan konsumtif maupuj produktif.

Jadi bukan hanya untuk Anda yang memerlukan modal usaha saja, namun Pegadaian juga memberikan pinjaman untuk keperluan di luar itu.

Pinjaman Modal Usaha Pegadaian

Untuk pinjaman modal usaha, Pegadaian menawarkan produk KRASIDA. Produk pinjaman ini diperuntukkan bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

Tentunya KRASIDA merupakan kredit dengan sistem gadai. Agunannya adalah emas dan mobil. Besar pinjaman KRASIDA bisa mulai 1 juta hingga 250 juta tergantung agunan yang Anda jaminkan.

Berbagai kelebihan dan kekurangan tentu dimiliki oleh produk pinjaman untuk modal usaha dari Pegadaian ini.

Untuk keunggulannya yaitu proses mudah dan cepat, pinjaman mencapai 95% dari taksiran agunan, bunga murah dan tetap, jangka waktu pengembalian fleksible, KRASIDA tersedia di seluruh outlet Pegadaian.

Syarat berupa agunan biasanya menjadi kekurangan di mata peminjam modal karena dibanding Bank yang menyediakan KTA (Kredit Tanpa Agunan).

Pegadaian terdapat di berbagai daerah di Indonesia. Jadi mudah saja untuk menemukannya di daerah Anda.

Tentu Pegadaian sudah cukup kredibel soal urusan pemberian pinjaman untuk modal usaha sehingga dengan berbagai pertimbangan Anda bisa memilih sumber pinjaman modal dari tempat yang satu ini.

  1. Koperasi Simpan Pinjam

Pilihan tempat pinjaman modal usaha yang ketiga adalah Koperasi Simpan Pinjam. Koperasi Simpan Pinjam adalah salah satu jenis koperasi yang ada di Indonesia dan termasuk yang paling populer di mata masyarakat.

Koperasi merupakan salah satu bentuk usaha yang dikenal pro-rakyat. Pada awalnya pinjaman yang diberikan koperasi hanya diperuntukkan untuk para anggota saja.

Namun seiring berjalannya waktu, akhirnya layanan pinjaman dari koperasi juga diperuntukkan bagi non anggota.

Syarat Meminjam Uang di Koperasi

Bagi para non anggota yang melakukan peminjaman maka statusnya adalah calon anggota koperasi.

Selain status keanggotaannya, syarat untuk mengajukan pinjaman modal usaha di koperasi adalah sebagai berikut:

  • mengisi formulir pinjaman
  • menyerahkan foto copy suami istri jika sudah menikah
  • menyerahkan KK, rekening listrik, slip gaji dan agunan.

Selanjutnya untuk dapat melakukan peminjaman di koperasi, Anda bisa mengikuti mekanisme atau tahapan di koperasi.

Koperasi Simpan Pinjam cukup banyak tersebar di berbagai daerah. Jadi Anda tak akan kesulitan untuk menemukannya. Jika masih bingung, Anda bisa lebih menggali informasi di Koperasi Simpan Pinjam terdekat.

Itulah tiga tempat yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pinjaman modal usaha. Tentu selain tiga tempat tersebut, bisa saja Anda mendapatkan pinjaman modal dari berbagai pihak seperti teman maupun kerabat lain.

Bisa juga mendapatkan modal dengan cara melakukan kerjasama dengan teman untuk bersama-sama membangun usaha atau bisnis.

Modal memang bukan hambatan yang perlu Anda pusingkan. Ada berbagai cara untuk mengatasinya seperti dengan melakukan pinjaman modal usaha ke salah satu dari tiga pilihan tempat pinjaman di atas.

Pertimbangan Memilih Pinjaman Modal Usaha

Lalu tempat mana yang paling tepat untuk dipilih ketika kita membutuhkan modal untuk usaha? Inilah pertanyaan yang mungkin muncul di benak Anda.

Selain itu bisa juga Anda berpikir mana yang paling aman dan paling menguntungkan.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, lagi-lagi ada berbagai pertimbangan yang bisa Anda gunakan. Salah satu perbedaan paling menonjol yang dimiliki oleh bank, Pegadaian, dan Koperasi Simpan Pinjam adalah masalah agunan atau jaminan.

Baca Juga: Informasi Lengkap Seputar Pinjaman BRI

Baca Juga: Perlu Tahu! Serba-Serbi Pinjaman Uang Tanpa Jaminan

Jika di bank Anda bisa mendapatkan pinjaman modal tanpa agunan maka di pegadaian dan koperasi disyaratkan adanya agunan ketika Anda meminjam modal.

Kemudian selain agunan, di koperasi juga disyaratkan menjadi calon anggota jika Anda adalah non anggota. Perbedaan ini bisa menjadi pertimbangan karena juga berpengaruh pada beberapa hal.

Pinjaman tanpa agunan umumnya mengandalkan bunga. Maka bunga yang akan Anda tanggung relatif lebih besar dibanding jika Anda melakukan pinjaman di Pegadaian maupun Koperasi Simpan Pinjam.

Namun soal jumlah pinjaman yang bisa Anda dapatkan umumnya bank bisa memberikannya dalam jumlah yang lebih besar.

Memang soal bunga dan jumlah pinjaman lagi-lagi tergantung pada tempat pinjaman modal usaha, khususnya bank, yang Anda pilih.

Namun untuk hal ini Anda bisa melihat apakah Anda memiliki barang untuk dijadikan agunan atau tidak. Atau Anda mau untuk menjadikan barang berharga milik Anda sebagai agunan atau tidak.

Jumlah pinjaman yang Anda butuhkan juga bisa menjadi pertimbangan. Mana tempat yang lebih mampu memberikan Anda jumlah pinjaman tersebut.

Rencana jangka pinjaman bisa menjadi pertimbangan lain. Bank lebih cocok dan menguntungkan untuk Anda jadikan tempat pinjaman untuk jangka panjang, sementara pegadaian maupun koperasi adalah tempat yang cocok dan menguntungkan untuk pinjaman jangka pendek.

Pegadaian dimana-mana sama karena merupakan satu badan usaha, hanya saja cabangnya ada di berbagai daerah.

Kemudian Koperasi Simpan Pinjam juga umumnya demikian juga. Sementara masing-masing bank bisa jadi menawarkan pinjaman modal usaha yang berbeda-beda.

Pilihan Bank untuk Melakukan Pinjaman

Untuk Anda yang memilih bank sebagai tempat untuk melakukan pinjaman modal usaha, maka di Indonesia ada beberapa bank pemberi pinjaman terbaik yang bisa Anda pilih.

Bank BRI

Pertama, ada Bank Rakyat Indonesia (BRI). Bank yang satu ini tentu sudah tak diragukan lagi kredibilitasnya. Untuk layanan pinjaman modal usaha Bank BRI juga tentunya sudah menjadi salah satu andalan masyarakat Indonesia. BRI memberikan pinjaman untuk usaha kecil hingga menengah. Bank yang satu ini menjadi salah satu bank penyalur KUR (Kredit Usaha Rakyat) dengan target pengguna UMKM di seluruh Indonesia.

Bank BNI

Kedua adalah Bank Negara Indonesia (BNI). Bank ini juga menjadi salah satu bank dengan kredibilitas terbaik. Sudah sejak dulu melayani masyarakat Indonesia dan tentunya sudah dipercaya soal urusan memberikan pinjaman modal usaha.

Bank Mandiri

Ketiga, ada Bank Mandiri. Bank ini menjadi perbankan konvensional yang memberikan tawaran kredit modal kerja. Salah satu keunggulan pinjaman modal usaha Bank Mandiri adalah tawaran suku bunganya yang ringan dan kompetitif.

Selanjutnya Anda bisa membandingkan dan mempertimbangkan sendiri bank-bank di sekitar Anda. Anda bisa memilih salah satu bank yang Anda anggap paling memberikan keuntungan soal pinjaman modal usaha.

Bagaimana? Modal bukan hambatan utama dalam memulai usaha atau bisnis bukan? Karena nyatanya ada banyak cara dan banyak tempat untuk mendapatkan pinjaman modal usaha yang tidak akan lebih menyusahkan Anda.

Leave a Reply