Produk Bank BRI Lengkap 2017

Bank Rakyat Indonesia atau biasa disingkat BRI adalah salah satu bank yang dimiliki pemerintah. BRI juga termasuk salah satu bank terbesar di Indonesia.

BRI awalnya didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah.

Pendirinya adalah Raden Bei Aria Wirjaatmadja. Nama bank ini pada awal berdirinya adalah De Poerwokertosche Hulpen Spaarbank der Indansche Hoofden.

Jika diartikan ke Bahasa Indonesia, nama ini berarti Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Pribumi Purwokerto.

Saat itu, bank BRI memang dikhususkan sebagai lembaga keuangan yang melayani orang-orang asli pribumi atau berkebangsaan Indonesia.

Lembaga tersebut didirikan pada 16 Desember 1895, yang hingga kini dijadikan sebagai hari kelahiran bank BRI.

Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, produk bank BRI tentunya sangat lengkap dan menjangkau berbagai kebutuhan nasabah.

Tidak hanya itu, cabang bank BRI juga tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Mulai dari di kota-kota besar hingga desa-desa, kita bisa dengan mudah menemukan cabang bank BRI.

Hal ini sejalan dengan nama bank itu sendiri, yaitu Bank Rakyat Indonesia. Tagline yang diusung ialah Melayani Dengan Sepenuh Hati.

produk tabungan bank BRI

Pic Source: Pixabay.com

Produk Bank BRI

1) Tabungan

Produk tabungan bank BRI di antaranya adalah tabungan BritAma, Simpedes TKI, Simpedes, Haji, BritAma Bisnis, BritAma Dollar, BritAma Valas, BritAma Rencana, BritAma Junior serta TabunganKu.

Produk tabungan yang tersedia sangat beragam, mulai dari tabungan untuk orang dewasa, anak-anak hingga tabungan haji dan asing. Ini akan memudahkan kita dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dalam menyimpan uang.

2) Deposito

Berikutnya ada produk deposito bank BRI.

Termasuk di antaranya adalah Deposito Rupiah, On Call dan Valas. Selain deposito, produk bank BRI juga mencakup giro. Produk giro bank BRI meliputi GiroBRI Valas dan GiroBRI Rupiah.

3) Pinjaman

Selain aneka produk simpanan di atas, bank BRI juga menawarkan aneka produk pinjaman. Produk bank BRI pinjaman terbagi ke dalam lima kategori, yaitu pinjaman mikro, pinjaman ritel, pinjaman menengah, pinjaman program dan pinjaman Kredit Usaha Rakyat atau KUR.

Untuk pinjaman mikro yang disediakan oleh bank BRI meliputi Kupedes yang biasanya digunakan di daerah-daerah pedesaan.

Selanjutnya ada program pinjaman ritel yang terdiri dari Kredit Agunan Kas, Kredit Modal Kerja, Kredit Investasi, KMK Konstruksi, KMK Konstruksi BO 1, KMK Ekspor, Kredit BRIGuna, Kredit SPBU, Kredit Waralaba, Kredit Kepemilikan Gudang, Kredit Resi Gudang, KMK Talangan SPBU, Kredit Waralaba Alfamart, Kredit Batubara serta Kredit Pola Angsuran Tetap.

Program ritel dari bank BRI ini lebih ditujukan pada perusahaan atau ritel, bukan untuk perorangan.

Sementara yang termasuk dalam produk bank BRI pinjaman menengah ialah Kredit Agribisnis. Sesuai namanya, produk ini dapat digunakan untuk menyokong kegiatan pertanian atau agribisnis yang dijalankan.

4) Pinjaman Program

Produk bank BRI selanjutnya adalah Pinjaman Program. Termasuk dalam produk ini ialah KPEN-RP, KKPE dan KKPE Tebu. Terakhir ialah Pinjaman Kredit Usaha Rakyat atau KUR yang meliputi KUR BRI dan KUR TKI BRI.

Kredit Usaha Rakyat ini akan sangat bermanfaat untuk masyarakat yang hendak membuka usaha sendiri namun terkendala modal.

Melalui program KUR, masyarakat atau lembaga UKM dapat memperoleh modal untuk menjalankan usahanya.

Baca juga: Informasi Bunga Deposito BRI

Baca juga: Jenis-Jenis Kartu Kredit BRI dan Keunggulannya

Produk yang dikeluarkan bank BRI tidak hanya sebatas untuk nasabah dalam negeri, namun juga secara internasional.

5) Produk Bank BRI Internasional

Produk bank BRI untuk internasional di antaranya adalah BRI Trade Finance and Services atau layanan jual beli dan keuangan.

Termasuk di antaranya adalah ekspor, impor, SKBDN, BRI RTE Online System serta Standby L/C.

Berikutnya, BRI juga memiliki produk internasional berupa BRIFast Remittance serta Financial Institution yang terdiri dari produk serta layanan transaksi correspondent banking.

Terakhir, dalam produk internasional BRI mencakup BRI Money Changer serta unit kerja luar negeri.

Produk bank BRI selanjutnya turut mencakup aneka jasa lain yang ditawarkan BRI.

Jasa bisnis bank BRI di antaranya adalah jasa kliring, bank garansi, SKBDN hingga remittance. Sementara jasa lain yang ditawarkan ialah layanan ekspor dan impor.

Bank BRI turut memiliki aneka jasa keuangan, meliputi bill payment, transaksi online, jasa penerimaan setoran hingga transfer serta LLG. Sementara untuk jasa kelembagaan bank BRI mencakup SPP Online serta Cash Management BRI.

6) E-Banking BRI

Produk bank BRI juga tidak lepas dari E-Banking BRI. Ini karena perbankan online sudah begitu menjamur di tengah masyarakat dan sering digunakan. Dukungan E-Banking BRI meliputi ATM BRI, phone banking BRI, SMS banking BRI, internet banking BRI, KIOSK BRI, E-Buzz, Mini ATM BRI, MoCash, BRIZZI hingga EDC Merchant.

BRI turut mengeluarkan aneka treasury yang mencakup Money Market, Foreign Exchange, Fixed Income, produk derivatif serta keunggulan dan juga prosedurnya.

Produk bank BRI juga mencakup aneka produk yang dapat dinikmati secara langsung dalam bentuk fisik oleh konsumen, atau produk konsumen.

Baca juga: Reksadana Syariah Terbaik dan Keuntungannya

7) Kartu Kredit

Di antaranya adalah kartu kredit. Untuk produk ini, BRI menyediakan Kartu Visa, BRI Visa Touch Gold dan BRI Visa Touch Silver. Selain kartu Visa, BRI juga menyediakan kartu Master.

BRI juga tentunya menyediakan Kredit Kepemilikan Rumah atau KPR, yang terdiri dari KPR BRI serta Simulasi.

Selain itu, tersedia pula Kredit Kendaraan Bermotor atau KKB yang terdiri dari KKB Mobil Baru dan Bekas, KKB Harley Davidson, KKB Refinancing serta Simulasi.

8) Outlet SKK

Produk bank BRI berikutnya adalah Outlet SKK. Yang tidak tertinggal dari produk BRI ialah investasi perbankan.

BRI turut menyediakan berbagai investasi perbankan, di antaranya adalah ORI & SR, DPLK, Jasa Wali Amanat serta Jasa Kustodian.

9) Layanan Prioritas

Produk bank BRI yang terakhir adalah layanan prioritas. Layanan ini terdiri dari produk, layanan serta privileges. Reksadana juga termasuk ke dalamnya.

Layanan prioritas turut mencakup Fund Fact Sheet serta Prospektus.

Layanan prioritas lainnya adalah Kartu BRI Prioritas, Kriteria Nasabah serta Outlet Layanan Prioritas.

Dengan menggunakan layanan prioritas ini, nasabah prioritas berdasarkan kriteria tertentu akan didahulukan dibanding nasabah yang lain.

Ini akan sangat membantu nasabah dalah mendapatkan layanan perbankan secara lebih cepat dan mudah.

Demikian adalah aneka produk tabungan bank BRI. Kita bisa mendapatkan informasi lengkapnya di kantor cabang BRI terdekat.

Dengan beraneka produk dan layanan yang ditawarkan, segala kebutuhan perbankan kita akan dapat didukung dengan baik dan berjalan dengan lancar. 

Salah satu kelebihan bank BRI terutama adalah kantor cabangnya yang tersebar hingga ke pelosok desa di Indonesia. Kita tidak akan kesulitan dalam menemukan kantor cabang bank BRI terdekat karena penyebarannya yang merata serta menjangkau hingga desa-desa kecil.

Selain itu, produk dan layanan yang ditawarkan bank BRI juga terbilang lengkap dan memenuhi segala kebutuhan perbankan kita.

Mulai dari perbankan untuk dewasa, anak-anak, internasional hingga kebutuhan investasi dan lain-lain. Kita bisa mempercayakan kebutuhan akan produk perbankan pada bank BRI.

Semoga uraian di atas dapat bermanfaat dan menambah semangat kita dalam menabung.

Leave a Reply