Produk Kartu Kredit Bank Mega

Menyimpan uang di bank merupakan salah satu pilihan aman yang banyak digunakan oleh orang-orang. Selain aman, bank biasanya juga memiliki produk layanan tersendiri yang dijadikan unggulan.

Misalnya, tabungan haji, tabungan pendidikan anak, hingga hadiah undian di akhir tahun. Ini tentu menjadikan kegiatan menabung di bank semakin menyenangkan.

Apalagi, sekarang sudah banyak bank-bank swasta yang berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik pada nasabahnya. Cabang bank juga tersebar hingga ke pelosok desa yang akan memudahkan nasabah dalam mengaksesnya.

Salah satu bank yang dapat kita pilih sebagai tempat penyimpanan uang adalah Bank Mega. Produk yang ditawarkan salah satunya ialah kartu kredit Bank Mega. Sebelum membahas lebih jauh seputar produk kartu kredit yang ditawarkan, kita simak dulu sejarah dari bank ini.

kartu kredit Bank Mega

Pic Source: Pixabay.com

Mengenal Bank Mega

Bank Mega pada awalnya adalah usaha keluarga yang bernama PT Bank Karman. Perusahaan ini tercatat berdiri pada 1969 di Surabaya. Sejarah Bank Mega dimulai pada 1996 saat perusahaan ini diambil alih Para Group milik Chairul Tanjung.

Sejak pengambilalihan, nama perusahaan PT Bank Karman diubah menjadi PT Mega Bank. Sementara Para Group sendiri telah berubah nama menjadi CT Corpora atau CT Corp. Pusat kantor PT Mega Bank juga turut direlokasi ke ibukota Jakarta.

Kemudian pada tahun 2000, nama PT Mega Bank berubah kembali menjadi PT Bank Mega dan nama ini terus digunakan hingga sekarang. Bank Mega juga telah menjadi perusahaan yang terbuka, terutama setelah dilakukannya Initial Public Offering serta listed di Bursa Efek Jakarta.

Ini artinya, publik juga memiliki kesempatan dalam membeli saham dari perusahaan ini. Kode sahamnya diberi label MEGA. Bank Mega juga telah didaftarkan dalam Bursa Efek Indonesia pada tahun 2000.

Semboyan Bank Mega adalah Mega Tujuan Anda. Produk perbankan yang ditawarkan untuk masyarakat terbilang beragam, mulai dari sektor simpanan hingga pinjaman.

Kartu Kredit Bank Mega

Selain layanan simpan pinjam serta beragam layanan lain, produk yang menjadi fokus bisnis bank ini adalah kartu kredit Bank Mega. Penawaran menarik lainnya turut diberikan pada para nasabah. Tentunya, tiap layanan juga terintegrasi dengan produk di bawah CT Corp.

Terdapat setidaknya empat jenis promo kartu kredit Bank Mega yang ditawarkan. Kita bisa memilih salah satunya yang paling sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

1) Mega Platinum Card

Untuk kartu kredit ini, iuran tahunan pertama untuk kartu jenis ini adalah sebesar Rp 600.000, sementara iuran tahunan kartu tambahan sebesar Rp 300.000.

2) Mega Gold Card

Iuran tahunan kartu pertama hanya sebesar Rp 300.000 dan iuran tahunan kartu tambahan hanya Rp 150.000 saja. Ketiga dan keempat masing-masing ada Metro Mega Card dan Mega Barca Card dengan iuran tahunan kartu pertama dan kartu tambahan yang sama seperti Mega Gold Card.

Fasilitas Kartu Kredit Bank Mega

Lalu, apa saja fasilitas yang bisa kita dapatkan dari kepemilikan kartu kredit Bank Mega? Tentunya sangat beragam dan juga menarik.

1) Transaksi di Seluruh Dunia

Pertama adalah dukungan untuk kartu Visa dan Master Card internasional. Kartu kredit Mega dapat kita gunakan untuk melakukan transaksi di tempat usaha yang memiliki logo Visa atau MasterCard di seluruh dunia.

2) Diskon Promo Trans Fashion

Penggunaan kartu kredit Mega juga akan membuat kita bisa menikmati diskon serta promo di seluruh outlet Trans Fashion. Diskonnya dapat mencapai sepuluh persen khusus untuk pembelian barang harga normal atau cicilan nol persen selama enam bulan.

3) Promo Metro Department Store

Fasilitas selanjutnya adalah diskon serta promo di Metro Department Store. Kita bisa menikmati diskon hingga sepuluh persen tiap melakukan transaksi belanja minimal sebanyak satu juta rupiah atau cicilan nol persen selama enam bulan.

4) Diskon Trans Luxury Bandung dan Trans Resort Bali

Diskon dan promo juga bisa kita nikmati di Trans Luxury Bandung serta Trans Resort Bali. Tak tanggung-tanggung, kita dapat memperoleh diskon hingga lima puluh persen atau setengah harga jika menginap di weekdays atau Minggu hingga Kamis dan diskon dua puluh lima persen saat akhir pekan atau hari Jumat dan Sabtu.

5) Rate Khusus Ibis Hotel Bandung

Fasilitas yang tidak kalah menarik apabila kita memegang kartu kredit Bank Mega ialah special rate di Ibis Hotel Bandung. Kita bisa mendapatkannya melalui website accorhotels.com.

6) Potongan 25% Trans Studio

Jika ingin menghabiskan akhir pekan bersama keluarga di Trans Studio, maka pemegang kartu kredit Mega dapat menikmati diskon hingga sebesar 25 % khusus untuk tiket masuk, maksimal empat tiket per hari untuk satu kartu kredit.

7) Anta Vaya

Ada lagi promo Anta Vaya, yaitu fasilitas no excharge serta nilai tukar yang lebih kompetitif. Fasilitas ini bisa dinikmati untuk pemegang kartu kredit Mega.

8) Diskon Coffee Bean & Tea Leaf

Masih ada lagi diskon di outlet Coffee Bean & Tea Leaf. Kita bisa menikmati diskon hingga tiga puluh persen tiap pembelian minimal Rp 75.000 serta diskon hingga lima puluh persen tiap pembelian minimal Rp 150.000.

9) Diskon Baskin Robin

Pemegang kartu kredit Mega juga dapat menikmati diskon di Baskin Robin. Diskon sebesar 30 % berlaku untuk pembelian minimal Rp 75.000 dan diskon lima puluh persen berlaku tiap pembelian minimal Rp 150.000.

10) Wendy’s

Diskon menarik lainnya dapat kita nikmati di outlet Wendy’s. Diskon hingga tiga puluh persen tiap pembelian minimal Rp 75.000 dan diskon 50 % tiap pembelian minimal Rp 150.000.

11) Mega Carrefour

Kartu kredit Bank Mega Carrefour juga memberikan promo menarik. Pemegang kartu kredit Mega bisa menikmati diskon di Carrefour serta Transmart Carrefour. Nikmati diskon hingga sepuluh persen untuk semua produk elektronik serta produk promosi. Berlaku di seluruh Transmart Carrefour serta Carrefour seluruh Indonesia.

Promo diskon kartu kredit Mega Carrefour ini tidak berlau untuk telur curah, susu bayi di bawah satu tahun, gadget seperti handphone, smartphone, tablet dan laptop, rokok serta pulsa telepon.

Kita juga bisa menikmati promo Transvision. Dapatkan diskon hingga 20 % tiap bulan. Berlaku untuk semua paket langganan Transvision.

12) Domestic Airport Lounge

Layanan yang tak kalah menarik selanjutnya adalah Domestic Airport Lounge yang bisa didapatkan secara gratis untuk satu orang pemegang kartu. Selain itu, ada juga akses prioritas Airport Lounge, berlaku di seluruh dunia.

Promo kartu kredit Bank Mega terbilang sangat banyak dan beragam. Nasabah bisa mendapat banyak sekali manfaat dari pemakaian kartu kredit Mega. Mulai dari promo hiburan, belanja hingga travel dapat kita nikmati.

Hal ini terutama dikarenakan PT Bank Mega masih berada di bawah naungan dari CT Corp sehingga kita bisa menikmati aneka layanan di bawah naungan CT Corp dengan lebih mudah. Termasuk adalah Trans Studio, Transmart hingga Transvision.

Syarat Pengajuan Kartu Kredit Bank Mega

Untuk syarat pengajuan kartu kredit Mega adalah sebagai berikut. Terdapat usia minimal untuk pemegang kartu utama, kartu tambahan dan usia maksimum pemegang kartu utama.

Usia minimal pemegang kartu kredit Bank Mega yang utama adalah 21 tahun. Sementara usia maksimal pemegang kartu utama ialah 65 tahun. Usia minimal bagi pemegang kartu tambahan adalah 17 tahun. Sementara kewarganegaraan yang diperbolehkan adalah WNI ataupun WNA.

Tiap produk kartu kredit Bank Mega memiliki syarat pendapatan minimal untuk pemegang kartu. Jenis kartu Mega Platinum Gold memiliki syarat pendapatan minimal Rp 10.000.000 per bulan.

Untuk jenis kartu Mega Gold Card syarat pendapatan minimalnya adalah Rp 4.000.000 per bulan. Sementara untuk Metro Mega Card serta Mega Barca Card syarat pendapatan minimalnya sebesar Rp 5.000.000 per bulan.

Baca juga: Keuntungan Kartu Kredit Cimb Niaga

Baca juga: Melakukan Pinjaman Uang tanpa Jaminan dengan Mudah

Persyaratan dokumen untuk pengajuan kartu kredit Mega akan berbeda-beda. Untuk karyawan, dokumen yang harus disiapkan ialah fotokopi SIM atau KTP atau paspor serta slip gaji pada bulan terakhir. Dapat pula menggunakan Surat Keterangan Bekerja atau SPT Tahunan.

Kemudian untuk wiraswasta, siapkan fotokopi KTP, SIUP, NPWP, rekening tabungan selama tiga bulan terakhir dan fotokopi lembar penagihan kartu kredit selama dua bulan terakhir.

Untuk ibu rumah tangga, cukup siapkan fotokopi KTP, fotokopi rekening tabungan selama tiga bulan terakhir serta fotokopi kartu keluarga apabila dilengkapi dengan slip gaji suami.

Untuk profesional, dokumen yang harus dilengkapi ialah fotokopi KTP, fotokopi Surat Izin Praktek, fotokopi rekening tabungan selama tiga bulan terakhir dan fotokopi lembar penagihan kartu kredit selama dua bulan terakhir.

Kemudian khusus bagi pemilik kartu kredit Bank Mega, siapkan fotokopi identitas diri seperti KTP, SIM atau paspor, fotokopi kartu kredit lain dan fotokopi lembar penagihan kartu kredit selama dua bulan terakhir.

Kartu kredit Bank Mega memiliki beragam keunggulan tersendiri apabila dibandingkan dengan produk kartu kredit lainnya. Di antaranya adalah adanya Mega Reward Point yaitu tiap transaksi sebesar Rp 20.000 akan berlaku sebanyak 300 poin. Tidak terdapat transaksi minimal serta bisa ditukarkan di Metro Department Store, Carrefour serta Trans Luxury Hotel.

Ada lagi Mega Bill yang akan memungkinkan pemegang kartu melakukan pembayaran tagihan bulanan rutin seperti listrik, internet dan air melalui autodebit.

Berikutnya, keunggulan lain yang bisa kita dapatkan ialah Installement Program, contohnya Mega Pay, Balance Conversion serta Loan on Card. Keunggulan lain adalah layanan Mega Top Up yang akan memudahkan tiap pemegang kartu mengisi pulsa prabayar secara rutin tiap bulannya.

Pemegang kartu kredit Bank Mega dapat pula menikmati privilege antara lain di airport lounge serta Mega Lounge yang ada di Tea Leaf serta Coffee Bean. Keunggulan terakhir adalah Credit Shield Maksima, yaitu melindungi pemegang kartu saat tidak bisa membayar tagihan dikarenakan musibah seperti sakit hingga meninggal dunia.

Tagihan kartu kredit Bank Mega meliputi bunga sebesar 2.95 persen tiap bulannya. Sementara untuk biaya iuran tahunan ialah mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 750.000 khusus untuk kartu utama. Sementara kartu tambahan mulai dari Rp 150.000 sampai dengan Rp 300.000.

Terdapat pula biaya-biaya lain yang dikenakan. Pertama adalah biaya penarikan tunai sebesar enam persen atau minimalnya Rp 50.000. Kemudian biaya keterlambatan sebesar tiga persen dari total tagihan atau maksimal sebesar Rp 150.000.

Ada lagi biaya penggantian kartu sebesar Rp 100.000 per kartunya. Biaya kenaikan limit sementara mencapai Rp 50.000 per kartu. Sementara untuk biaya kenaikan limit yang permanen mencapai Rp 100.000 per kartu.

Biaya overlimit yang dikenakan sebesar Rp 150.000. Biaya permohonan untuk mendapat ringkasan transaksi tahunan mencapai Rp 100.000 via email dan Rp 300.000 via surat atau pos. Untuk cicilan nol persen, gratis cicilan pertama dan cashback dikenakan biaya Rp 200.000 ditambah dengan biaya program apabila ada.

Demikian informasi lengkap seputar kartu kredit Bank Mega mulai dari sejarahnya, produk-produknya, promo yang ditawarkan hingga biaya-biaya yang dikenakan.

Leave a Reply