Reksadana Syariah Terbaik dan Keuntungannya

Dari tahun ke tahun, seluruh jenis reksadana memperlihatkan dan juga membukukan sebuah kinerja yang semakin positif.

Demikian juga untuk fenomena reksadana yang terjadi di tahun 2017 sekarang ini semakin memperlihatkan kinerja dan saham yang semakin tinggi.

Hal ini karena adanya sebuah pergerakan dari pasar saham yang telah mengalami sebuah koreksi yang cukup akhir-akhir ini.

Ini merupakan hal yang cukup menarik bahwa di tahun ini akan mengalami kebangkitan lagi seperti yang sudah terjadi di tahun 2016. Semua jenis reksadana syariah terbaik memulihkan harga komoditas.

Sebenarnya apa itu reksadana syariah?

Untuk pengertian reksadana syariah (RDS) ini pada dasarnya merupakan sebuah investasi yang ketentuannya disesuaikan dengan hukum dari agama Islam.

Oleh karena itu, jika reksadana syariah tidak akan membeli-membeli saham-saham yang berhubungan dengan sesuatu yang haram hukumnya seperti minuman keras, rokok, atau riba.

Tetapi untuk penempatan desopitonya tetap wajib di bank syariah serta instrumen hutangnya yang bisa di beli juga terbatas tergantung pada obligasi syariahnya.

Meskipun memberlakukan ketentuan pada hukum agama Islam tidak berarti bahwa reksadana ini hanya untuk orang-orang muslim saja, untuk siapa saja baik yang non muslim reksadana ini juga bisa dipandang untuk diverifikasikan sebagai sebuah strategi investasi.

Seperti yang sudah disampaikan tadi bahwa reksadana syariah merupakan reksadana yang cara mengelolanya dengan menggunakan prinsip syariah dari hukum Islam.

Namun, apakah Anda tahu apa saja prinsip-prinsip syariah?

Bagaimana para masyarakat menggunakan reksadana syariah ini sebagai alternatif untuk investasi di masa depan nanti?

Sebelum mengetahui beberapa reksadana syariah terbaik di tahun ini, perlu diketahui adanya 3 ciri-ciri dari reksadana syariah adalah hanya untuk berinvestas pada Daftar Efek Syariah, ada Dewan Pengawas Syariah, dan terdapat proses Cleansing.

gambar reksadana syariah terbaik

Pic Source: Pixabay.com

Beberapa reksadana syariah yang merupakan reksadana syariah terbaik yaitu BNI-AM Dana Syariah, I-Hajj Syariah Fund, Mandiri Investa Dana Syariah, Medali Syariah, BNI-AM Dana Dompet Dhuafa, SAM Suuk Syariah Sejahtera, Cipta Syariah Equity, Trim Syariah Saham, Cipta Syariah Balance, dan masih banyak lagi.

Keuntungan Reksadana Syariah

Menggunakan reksadana syariah memiliki banyak keuntungan bagi para nasabah. Reksadana Syariah merupakan investasi yang aman, mudah, dan menguntungkan.

Itulah mengapa reksada syariah terbaik untuk melakukan investasi. Beberapa keuntungan menggunakan reksadana syariah yaitu:

1) Investai Reksadana Syariah yang Aman

Reksadana syariah aman maksudanya adalah sebuah investasi reksadana yang aman dan terhindar dari adanya resiko seperti pencurian serta penyalahgunaan dana yang disimpan di bank.

Sebenarnya ini sama seperti reksadana konvensional yang sama menggunakan bank kustodian

Semua aman karena dalam Penggunaan Kontrak Investasi Kolektif ini telah dijadikan sebagai suatu dasar hukum yang akan memastikan para pengguna investor dari reksadana aman dan terhindar dari adanya kebangkrutan.

Tetapi misalkan Manajer Investasi mengalami kebangkrutan, sebuah aset masih dimiliki oleh sang investor serta aset yang sudah diinvestasikan masih tersimpan di Bank kustodian, jadi bisa dicari pengganti dari Manajer Investasi.

Namun jika kebangkrutannya pada bank kustodian, maka aset yang telah disimpan itu hanya bersifat seperti barang titipan bukan lagi harta milik perbankan.

Jadi kebangkrutan bank tidak akan merugikan aset pada reksadana yang akan ikut disita.

Sama halnya dengan Manajer Investasi yang pasti akan dicarikan bank kustodian penggantinya jika sewaktu waktu terjadi kebangkrutan pada bank kustodian sebelumnya.

2) Investasi Reksadana Syariah Mudah

Tidak hanya aman untuk digunakan, reksadana syariah mudah juga untuk digunakan dalam berinvestasi.

Caranya yaitu untuk calon investor yang ingin berinvestasi bisa langsung membeli aset langsung kepada Manajer Investasi atau bisa juga dengan melalui salah satu Agen Penjual Reksadana.

Agen Penjual Reksadana atau yang sering disingkat APERD sekarang ini sudah sangat beragam.

Tak hanya pada kualitas bank nya, namun juga sekuritas yang saat ini sudah dikenal sebagai salah satu supermarket reksadana secara online.

Adapun suatu program dari reksadana mikro yang dari OJK yaitu untuk suatu pembelian reksadana saat ini diminimalkan sekitar Rp 100.000,-

Ini merupakan ketentuan yang sudah digunakan untuk para Manajer Investasi yang memang mengikuti program ini.

Selain beberapa kemudahan di atas, reksadana juga memiliki syarat yang mudah dan sederhana untuk para calon investor.

Untuk syarat secara umum adalah memiliki sebuah KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan juga sebuah tabungan yang memiliki atas nama sendiri sesuai KTP.

Nah, setelah itu pembeliannya langsung kepada Manajer Investasi dan dibayar melalui bank mana saja.

Bagi para calon investor reksadana yang memang belum mempunyai KTP, tetap bisa membuka rekening reksadana, namun menggunakan rekening OR yang atas nama orang tua.

Tetapi ketika sudah beranjak dewasa harus segera diubah menjadi rekening atas nama sendiri yang disesuaikan dengan KTP anak. 

Ini merupakan salah satu cara ikut reksadana syariah yang bisa Anda lakukan.

Baca juga: Apa Perbedaan Visa dan Mastercard? Yuk, Cari Tahu Jawabannya!

Baca juga: Serba-Serbi Cara Investasi Reksadana yang Perlu Diketahui

3) Investasi Reksadana Syariah yang Menguntungkan

Selain aman dan mudah digunakan, Reksadana syariah menguntungkan untuk nasabahnya sendiri.

Para investor yang sudah melakukan rencana investasi pada jangka waktu tertentu, reksadana ini dapat membantu Anda dalam mencapai tujuan investasi keuangan seperti biaya rencana untuk naik haji, membayar cicilan rumah, kebutuhan rumah tangga, kebutuhan untuk dana pensiun, dll.

Memang setiap waktunya, reksadana ini tidaklah selalu menguntungkan karena di dalam investasi, hasilnya dari investasi reksadana ini akan terus naik ataupun turun setiap waktu.

Tetapi jika Anda tetap fokus pada rencana investasi yang sudah ditata dengan baik, kemungkinan reksadana syariah yang Anda lakukan akan cepat mencapai tujuan dan keuangannya bertambah besar.

Nah, pasti Anda bertanya-tanya bagaimana cara untuk investasi reksadana yang baik dan benar?

Caranya yaitu dengan melakukan perencanaan tujuan keuangan.

Dalam target tujuan keuangan yang akan Anda lakukan untuk kurang lebih selama 1 tahun, dapat langsung memilih reksadana untuk dijadikan pasar uang syariah tersebut.

Namun jika tujuan keuangan selama 1 hingga 3 tahun bisa memilih langsung reksadana sebagai pendapatan yang tetap syariah.

Jika 3 hingga 5 tahun, bisa menggunakan reksadana yang campuran syariah, dan yang terakhir jika lebih dari 5 tahun bisa menggunakan reksadana untuk saham syariah.

Beberapa diantaranya memang merupakan suatu reksadana syariah terbaik saat ini tepatnya di tahun 2016.

Semakin tahun semakin banyak reksadana syariah memiliki peningkatan di bidang kinerjanya.

Untuk itu, reksadana syariah merupakan salah satu jembatan yang dapat dipercaya oleh banyak nasabah atau calon investor.

Selain banyak reksadana syariah yang terbaik saat ini, keuntungan yang di dapat juga nyata adanya.

Baca juga: Apa Itu Investasi dan Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mulai Investasi

Membuat keamanan, kemudahan, dan keuntungan yang lebih bagi para investor yang menggunakan reksadana syariah karena reksadana ini menggunakan ketentuan agama Islam yang Insya Alloh bisa terhindar dari adanya kecurangan suatu apapun.

Jadi, untuk Anda calon investor pintar tidak perlu ragu untuk memilih reksadana syariah sebagai reksadana terbaik untuk masa depan semua.

Leave a Reply