Serba-Serbi Tentang Proses Jual Beli Saham yang Harus Diperhatikan

Ketika berbicara soal investasi, ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan seperti salah satu yang banyak dilakukan oleh masyarakat yaitu melakukan investasi saham atau jual beli saham. Bagi para pemula yang belum pernah melakukan hal ini mungkin masih bertanya-tanya tentang apa itu saham?

Saham merupakan sebuah instrumen finansial yang memberikan sebuah tanda atas kepemilikan modal dalam suatu perusahaan. Saham ini bersifat liquid sehingga bisa diperjual-belikan kepada para investor yang turut bergabung dalam hal investasi saham.

Proses jual beli saham itu tak bisa dilakukan secara sembarangan dan harus sesuai dengan aturan main yang berlaku. Lantas di mana saham tersebut diperjual-belikan?

Apa Itu Bursa Efek?

Untuk bisa melakukan proses jual beli saham hanya bisa dilakukan pada sebuah bursa efek. Apa itu bursa efek?

Bursa efek merupakan sebuah pasar yang khusus terorganisasi untuk melakukan berbagai transaksi menjual maupun membeli saham serta berbagai surat berharga lain sesuai dengan aturan yang tepat, sah, serta legal.

Bisa dikatakan, bursa efek merupakan tempat yang memberikan wadah bagi setiap perusahaan yang membutuhkan modal atau emiten dengan investor yang kelebihan modal.

Dalam bursa efek, orang yang membeli saham itu disebut sebagai investor, sedangkan perusahaan yang menjual sahamnya kepada para investor itu disebut dengan emiten.  

Ketika anda membeli sebuah saham dari emiten, maka Anda tergabung dalam kepemilikan perusahaan di mana Anda membeli saham tersebut. Biasanya perusahaan yang menawarkan saham kepada para investor itu dalam bentuk perseroan terbatas atau PT.

Perlu digaris bawahi, perusahaan yang memberikan peluang investasi untuk masyarakat umum yaitu jika perseroan terbatas dalam bentuk Tbk atau terbuka.

Pic Source: Pixabay.com

Untuk Anda seorang pemula yang baru bergabung dalam investasi saham, apakah Anda masih bingung degan cara kerja jual beli saham di bursa efek? Serta apa alasan perusahaan memperdagangkan sahamnya kepada masyarakat umum?

Alasan kuat untuk sebuah perusahaan menawarkan saham kepada para investor itu tak lain dan tak bukan adalah ingin mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan menjadi lebih besar dan lebih berkembang lagi.

Untuk bisa mengembangkan usaha yang dijalankan tersebut, pastinya membutuhkan dana yang sangat besar sebagai modal bukan? Untuk itu perusahaan membuka peluang besar para investor membeli saham yang dimiliki oleh perusahaan.

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapat modal tambahan, namun menjual saham menjadi salah satu cara paling efektif dan banyak digunakan untuk bisa mendapatkan suntikan dana tambahan sebagai modal agar perusahaan bisa berkembang.

Bagaimana cara perusahaan menawarkan saham yang dimiliki kepada para investor? Perusahaan akan menawarkan saham pada investor melalui sebuah penawaran saham perdana atau pun melalui initial public offering yang disingkat menjadi IPO.

Jual beli saham itu memberikan banyak keuntungan bukan hanya bagi emiten saja, namun juga memberikan keuntungan pada investor. Ketika perusahaan yang menjual saham pada Anda berhasil maju dan sukses, maka Anda akan terkena cipratan keuntungannya.

Anda sebagai investor yang membeli saham perusahaan dan perusahaan tersebut sukses besar, Anda juga akan mendapatkan keuntungan dari perusahaan yang juga disebut sebagai deviden.

Selain mendapatkan deviden, Anda juga bisa bermain jual beli saham dengan memperhatikan harga jual. Ketika harga jual saham sedang melonjak tinggi, maka Anda bisa jual saham tersebut kepada investor lain dan Anda pun mendapatkan keuntungan tambahan yang disebut juga dengan captain gain.

Proses Jual Beli Dan Investasi Saham

Untuk Anda seorang pemula atau newbie yang baru saja terjun ke dunia saham, Anda harus mempersiapkan diri dengan belajar seputar jual beli saham yang tepat. Jangan sampai Anda salah dalam melakukan berbagai hal dalam hal investasi saham.

Pada dasarnya tujuan untuk melakukan investasi serta jual beli saham itu dilakukan untuk mendapatkan deviden bukan? Maka dari itu pengetahuan mengenai kredibilitas serta posisi finansial dari perusahaan harus benar-benar sudah sangat matang.

Hal tersebut menjadi titik penting dan merupakan hal wajib yang tak boleh disepelekan mengingat saham merupakan jenis sekuritas yang memiliki resiko kembali yang sangat tinggi.

Maksudnya adalah resiko yang akan dihadapi oleh pemegang saham itu sangatlah rentan. Baik emiten dan investor tidak tahu pasti apakah nantinya bisa memberikan profit, loss atau malah pailit dan kehilangan segalanya.

Namun di balik resiko tersebut, investasi saham juga akan memberikan banyak sekali keuntungan yang berkali-kali lipat jika sukses melakukan  trading investasi saham pada perusahaan yang tepat.

Baca juga: Berbagai Keuntungan dan Cara Investasi Emas yang Tepat

Baca juga: Mengenal Saham dan Cara Bermain Saham Untuk Pemula

Maka dari itu dalam hal ini dibutuhkan bekal pengetahuan yang sangat luas mengenai saham, pasar, serta berbagai perusahaan. Dengan berbekal pengetahuan yang luas, Anda akan terhimdar dari berbagai faktor yang akan membawa Anda terjebak dalam permainan jual beli saham.

Harus diingat, melakukan proses investasi saham itu tak akan terlepas dari berbagai aktivitas spekulasi. Para professional trading bisa melakukan spekulasi dengan landasan yang tepat dan bisa mengetahui dengan pasti kapan saham akan naik, anjlok, serta berada dalam keadaan stabil.

Sehingga untuk melakukan investasi saham itu diperlukan persiapan ilmu pengetahuan yang matang agar dalam pelaksanaannya nanti bisa berjalan dengan baik sesuai dengan keinginan.

Bahkan kunci utama untuk bisa melakukan investasi dengan baik itu adalah terlebih dahulu harus benar-benar bisa menguasai berbagai ilmu pengetahuan dasar.

Pengetahuan dasar ini bukan hanya tentang saham, namun juga tentang pasar serta cara kerjanya mengenai reaksi terhadap perekonomian global, stabilitas finansial dari perusahaan, sampai dengan laporan keuangan dari berbagai perusahaan emiten yang bisa diakses dengan sangat mudah di situs atau website bursa efek Indonesia.

Sekali lagi, kejelian serta pengambilan keputusan yang tapat dalam investasi saham menjadi kunci utama untuk membawa Anda pada deviden.

Pastikan untuk benar-benar bisa menilai kredibilitas finansial serta profitabilitas perusahaan yang akan Anda beli sahamnya karena ketika Anda membeli saham pada perusahaan tersebut, maka Anda juga merupakan bagian dari pemilik perusahaan.

Cara Melakukan Investasi Saham Serta Trading Saham Online Untuk Pemula

Ketika Anda sudah menyetujui untuk melakukan jual beli saham pada suatu perusahaan, pastinya Anda akan terus memantau perusahaan tersebut dan berharap profit karena dari awal sudah ditekankan untuk terus melihat kredibilitas perusahaan.

Anda yang sudah memutuskan untuk membeli saham juga tentunya sudah meyakini dan mengetahui berbagai macam hal mengenai seluk beluk perusahaan emiten. Lantas bagaimana cara membeli saham-saham tersebut?

Dalam jual beli saham, terdapat pihak penengah atau yang biasa disebut dengan broker atau pialang. Broker bertugas sebagai penengah yang menghubungkan antara perusahaan emiten dengan investor. Dengan broker, proses transaksi jual beli saham di bursa efek bisa terjamin keamanan serta kelancarannya.

Urutan Langkah Membeli Saham

Langkah untuk melakukan proses transaksi cara membeli saham bagi pemula yaitu sebagai berikut:

  • Menyiapkan dana yang merupakan budget utama Anda sebagai investor. Pada tahap awal, dana yang disiapkan itu tak perlu dalam jumlah besar. Namun ketika Anda sudah meneliti kredibilitas perusahaan dari awal dan yakin bisa menghasilkan profit, maka tak ada salahnya untuk berinvestasi langsung dengan jumlah yang besar.

 

  • Memilih broker atau perantara yang tepat dan pastikan yang sudah benar-benar profesional di bidangnya. Sampai saat ini, pada bursa efek Indonesia setidaknya terdapat 115 broker yang bisa Anda pilih. Pastikan untuk memilih perantara serta mitra yang baik dalam menentukan saham yang bisa mendatangkan banyak keuntungan.

 

  • Perlu diingat jika broker itu memiliki kriteria serta karakteristik masing-masing. Secara umum, kemampuan broker yang paling banyak dibutuhkan yaitu yang memiliki kemampuan menangkan informasi dengan berbagai akses, memiliki pengetahuan pasar secara meluas, serta kemampuan memberikan tawaran modal rendah. Dari berbagai kriteria tersebut, pastikan Anda menemukan satu yang sesuai dengan kebutuhan.

 

  • Mendaftar ke broker saham, bisa dilakukan visa telepon, atau pun email dengan alamat tujuan dari informasi broker di bursa efek atau pun forum lain. Atau bisa juga mendatangi bursa efek secara langsung untuk mendaftarkan diri. Jika mendaftar langsung di bursa efek, Anda juga akan diberi pengarahan dan pengetahuan dasar, serta diarahkan pada broker yang tepat sesuai kebutuhan.

 

  • Memperdalam pengetahuan mengenai investasi serta trading, menjadi hal dasar seperti yang sudah banyak dijelaskan di atas.

 

  • Setelah melewati berbagai proses di atas, barulah bisa melakukan jual beli saham. Transaksi jual beli saham ini bisa bisa dilakukan dengan cara online melalui sebuah platform dalam bentuk webtrading atau pun platform trading dalam bentuk software khusus yang bida dengan mudah di download dan di install di berbagai gadget Anda miliki.

 

  • Platform tersebut akan memudahkan Anda dalam melakukan analisis indeks saham serta berbagai data penting lainnya seperti kapitalisasi pasar serta indikator teknikal untuk melakukan analisis dengan tepat.

 

  • Jual beli saham pun bisa dilakukan secara langsung dengan mudah sesuai dengan aturan yang berlaku.

Tak ada batasan besarnya jumlah dana yang bisa diinvestasikan, dalam konteks ini satuan jumlah saham yang diperjual belikan dikenal dengan satuan perdagangan yang disebut dengan lot.

Dalam bursa efek, satu lot itu berisi 100 lembar saham yang dijadikan sebagai batas minimal pembelian saham.

Apakah sekarang Anda bertanya-tanya berapakah biaya jual beli saham yang perlu dikeluarkan? Secara umum, perhitungan dari komponen transaksi jual beli saham itu sebagai berikut.

  • Komponen dari transaksi pembelian saham yaitu, Nilai pembelian sebuah saham ditambahkan dengan komisi broker saham ditambah dengan pajak PPN sebesar 10%.
  • Komponen dari transaksi penjualan saham yaitu, nilai penjualan sebuah saham ditambahkan dengan komisi untuk broker saham ditambahkan lagi dengan pajak PPN 10% dan ditambahkan lagi dengan pajak penghasilan 0,1%.

Setiap proses transaksi jual beli saham itu harus memberikan komisi kepada broker karena broker atau yang disebut juga dengan pialang ini bekerja sangat keras untuk bisa menjadikan Anda untung dalam transaksi jual beli saham.

Transaksi trading saham juga bisa dilakukan dengan cara remote trading di mana tiap-tiap transaksinya itu bisa dilakukan dengan jarajk jauh.

Order yang dilakukan pada broker akan dikirimkan ke system perdagangan bursa efek dengan sebuah system tertentu.

Manfaat yang akan di dapatkan dengan melakukan remote trading yaitu:

  • Proses transaksi menjadi lebih cepat
  • Konfirmasi antara perusahaan lemnjadi lebih cepat.
  • Investor yang berada di luar kota tetap bisa melakukan transaksi jual beli saham yang bisa juga langsung dieksekusi ke dalam system perdagangan bursa saham Indonesia.

Dengan adanya remote trading ini diharapkan terjadinya peningkatan terhadap banyak para investor luar kota yang turut terlibat dalam berbagai transaksi jual beli saham.

Leave a Reply