Strategi Promosi Melalui Sosial Media untuk Produk Baru Anda

Sekarang ini di zaman milineal orang-orang mudah mencari dan mendapatkan dari teknologi yang sedang berkembang. Dimana apapun kini mudah sekali untuk dicari. Salah satu teknologi yang sedang berkembang adalah media sosial.

Media sosial menjadi salah satu cara kebanyakan orang untuk mempromosikan sesuatu. Baik itu untuk berbisnis ataupun untuk yang lainnya.

Dalam berbisnis untuk mendapatkan hasil yang cukup banyak tentu saja harus adanya usaha dalam mempromosikan brand Anda.

Salah satu strategi promosi melalui sosial media inilah yang menjadi acuan kebanyakan orang saat ini. Sosial media sangat mudah untuk digunakan sehingga promosi-promosi Anda pun akan mudah ditemukan.

gambar strategi promosi melalui sosial media

Pic Source: Instagram @jjulkv_

Adapun beberapa strategi promosi melalui sosial media yang dapat dilakukan sebagai berikut:

1)Tentukan target dan jenis media sosial

Seperti yang diketahui sosial media sangat banyak jenisnya mulai dari sosial media raksasa seperti facebook, kemudian sosial media singkat seperti Twitter, ataupun sosial media gambar seperti instagram, Pinterest, bahkan chat seperti Whatsapp atau Line.

Tentu saja untuk sebuah promosi tidak asal mempromosikan saja, Anda juga harus mempunyai trik-trik dalam mempromosikannya agar orang yang melihat cukup tertarik.

Misalnya saja untuk bisnis kuliner, dan target Anda adalah pengguna sosial media instagram. Maka Anda dapat membuat foto yang bagus dan caption yang semenarik mungkin agar para pengguna instagram dapat melihat dan tergiut dengan produk yang Anda promosikan.

Baca Juga: Ingin jadi Pengusaha Online? Ini Cara Bisnis Online dari Awal

Selain itu juga Anda dapat memikirkan media sosial mana yang paling banyak digunakan oleh kebanyakan orang, sehingga kemungkinan besar orang melihat produk Anda cukup besar.

Kemudian target Anda di kalangan seperti apa juga harus Anda pikirkan. Dengan harga yang cukup murah yang dapat menembus pasaran luas dan dapat memberikan keuntungan banyak bagi Anda.

Misalnya saja produk makanan yang  Anda jual menargetkan kalangan mahasiswa dan siswa sekolah, berarti harga yang di patok untuk makanan tersebut adalah harga yang sesuai dengan keekonomian mahasiswa dan siswa.

2) Komunikasi Efektif

Dalam berbisnis tentu saja Anda harus pintar dalam mencari bantuan dari orang sekitar. Sehingga dalam menjalankan strategi promosi melalui sosial media dapat berjalan dengan lancar.

Anda dapat menjalin komunikasi terus secara efektif yang kemudian dapat memberikan bantuan terhadap bisnis Anda.

Misalnya saja dengan memberikan postingan-postingan pada media sosial, kemudian Anda meminta bantuan lain untuk ikut memposting produk Anda.

Dengan begitu kemungkinan semua orang melihat produk Anda yang diposting oleh beberapa orang lebih besar. Sehingga Anda tidak boleh menyerah dan cepat bosan dalam menjalin hubungan baik dengan kenalan agar dapat membantu Anda.

3) Produk Harus Unik

Keunikan pada produk yang akan Anda jual juga mempengaruhi pembeli. meskipun Anda melakukan strategi promosi melalui sosial media jika produk Anda tidak unik maka akan sedikit minat para pembeli.

Sehingga Anda harus mempunyai suatu produk yang unik dengan pemasaran yang unik juga. Sehingga dengan begitu orang yang melihat promosi Anda di media sosial akan tertarik.

4) Kepribadian Sosial Media

Jika Anda memerhatikan, maka akan terdapat beberapa perbedaan pada sosial media. Oleh karena itu, maka jika Anda akan melakukan strategi promosi sosial media maka Anda harus mengetahui karakter dari media sosial tersebut.

Misalnya saja Anda menggunakan facebook. Seperti yang Anda tahu facebook merupakan salah satu sosial media terbesar yang digunakan oleh banyak orang. Mulai dari kalangan muda atau kalangan tua.

Karena banyak yang menggunakan facebook, Anda harus dapat memilih kata dan cara promosi yang tepat agar pengguna facebook dapat melihat promosi produk Anda.

Anda dapat membuat iklan, atau link yang dapat dibuka oleh pengguna facebook.

Jika misalnya Anda menggunakan Twitter sebagai media sosial untuk promosi, maka lebih baik Anda menggunakan dengan kata yang singkat, jelas dan tajam. Sehingga pengguna Twitter akan tertarik dengan promosi Anda.

Anda juga harus memperhatikan mana promosi yang dapat dilakukan dengan resmi, mana yang dilakukan dengan santai.

Selain itu dalam strategi promosi melalui sosial media terdapat beberapa perbedaan dari kepribadian sosial media. Seperti bahasa sederhana santai, bercanda, baku, formal, atau kompleks. Kemudian gaya bicara yang sopan, rendah hati, muda, blak-blakan, atau elegan.

Dan tentu saja tujuan dari promosi di sosial media tersebut seperti untuk hiburan, inspirasi, informasi, edukasi, ajakan, bahkan untuk interaksi.

Oleh karena itu Anda harus memikirkan dengan pasti sosial media yang akan digunakan.

5) Konten Media sosial

Dalam melakukan strategi promosi melalui sosial media tentu saja konten-konten yang diisikan dalam promosi berbeda setiap produk. Sehingga Anda juga harus dapat memilih konten yang terbaik yang dapat membuat promosi Anda berjalan dengan baik.

Misalnya saja Anda harus memperhatikan kualitas konten yang Anda pilih, kemudian pemilihan waktu posting frekuensi posting.

Jangan sampai Anda terus menerus memposting sehingga postingan sebelumnya belum terbaca oleh para pengguna sosial media. Atau Anda jarang memposting yang berakibat turunnya minat pembaca.

Kemudian meskipun Anda mempunyai kualitas konten yang cukup bagus untuk promosi produk Anda tetapi jika di posting dalam waktu yang tidak tepat maka kemungkinan besar pengguna sosial media melirik postingan Anda sangat kurang.

6) Jadwal Rutin Sosial Media

Agar lebih terstruktur lagi, dalam strategi promosi melalui sosial media maka Anda dapat menentukan jadwal rutin untuk konten promosi Anda.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Traffic Website Untuk Toko Online

Baca Juga: 9 Cara Promosi Usaha Makanan yang Terbukti Efektif

Anda dapat berinteraksi dengan follower atau influencer sehingga akan banyak orang yang mengenal akun sosial media Anda. Anda juga dapat menganalisa statistik dan goal dari hasil promosi produk Anda sehingga Anda dapat mengaturnya. Dengan begitu Anda dapat melakukan strategi promosi melalui sosial media dengan sangat rinci.

Misalnya saja untuk tugas keseharian dalam menggunakan sosial media Anda dapat membalas mention atau pesan dan komentar yang masuk. Kemudian Anda dapat membuat gambar untuk konten, atau mencari bahan untuk konten baru.

Kemudian untuk tugas mingguan Anda, Anda dapat menganalisa konten seminggu terakhir dan menganalisa peningkatan atau penurunan yang terjadi.

Sedangkan untuk tugas bulanan yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuat goal baru, kemudian memeriksa goal yang sudah dibuat.

Dengan begitu strategi promosi melalui sosial media Anda telah mencapai tujuan Anda yang ditentukan sejak awal.

Itulah beberapa strategi promosi melalui sosial media yang dapat Anda lakukan jika Anda mempunyai sebuah produk baru. Sosial media yang mempunyai lingkup yang cukup besar dapat membantu Anda dalam mempromosikan barang Anda tersebut, tetapi Anda juga harus mempunyai suatu cara untk membuatnya menjadi sangat menarik perhatian.

Jika produk Anda sangat bagus tetapi dalam mempromosikannya Anda kurang, maka hal tersebut dapat mempengaruhi keuntungan yang akan Anda peroleh. Sehingga dengan strategi promosi melalui sosial media akan cukup dalam membantu perkembangan produk Anda.

Anda juga dapat mencoba strategi promosi melalui sosial media dengan sering memantau perkembangan setiap media sosial, sehingga Anda dapat mengetahui peluang dalam mempromosikan produk Anda.

Leave a Reply