Tabungan Pendidikan Anak Terbaik

Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai beberapa program untuk membantu pendidikan anak. Tetapi tetap saja bila dibandingkan dengan negara lain, Indonesia masih termasuk ke dalam negara dengan pendidikan yang tinggi.

Biaya pendidikan yang tinggi ini sering menjadi suatu hal yang sangat membebani bagi keluarga. Di mana tidak semua masyarakat Indonesia mempunyai perekonomian yang baik.

Sehingga masih saja banyak anak-anak yang putus sekolah karena biaya sekolah yang terlalu tinggi dan orang tua tidak bisa mencapainya.

Oleh karena itu para orang tua di Indonesia harus menyiapkan uang pendidikan untuk anaknya dari jauh-jauh hari. Sekarang ini ada program tabungan pendidikan anak.

Dimana Anda sebagai orang tua dapat menabung terlebih dahulu dari jauh-jauh hari sebelum anaknya memasuki usia sekolah. Agar nanti ketika anak Anda memasuki usia sekolah Anda dapat membayar uang sekolah dengan tabungan tersebut.

Dengan membuat tabungan ini, Anda juga dilatih untuk disiplin menabung untuk masa depan. Sehingga Anda punya cadangan uang untuk masa depan keluarga.

gambar tabungan pendidikan anak

Pic Source: Pixabay.com

Tabungan pendidikan anak ini juga memberikan fasilitas untuk asuransi jiwa, sehingga ketika Anda sudah tidak mempunyai target untuk mendanai sekolah, dana target ini tetap akan tercapai. Biasanya untuk tabungan pendidikan anak ini Anda mempunyai rekening turunan dari rekening pribadi Anda di bank yang sama.

Tabungan Pendidikan Anak Pilihan

Misalnya saja Anda berencana untuk menabung 1 juta untuk tabungan pendidikan anak. Sehingga setiap bulan bank yang tersebut akan memotong 1 juta dari rekening pribadi Anda.

Apabila terjadi sesuatu pada Anda, misalnya meninggal dunia maka asuransi jiwa tadi akan mengcover semua tabungan pendidikan anak Anda sehingga sampai mencapai target.

Banyak bank yang mempunyai fasilitas tabungan pendidikan anak tersebut. Misalnya saja tabungan pendidikan anak bni, tabungan pendidikan bank mandiri, tabungan pendidikan cimb niaga, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Cara Mudah Menghitung Bunga Deposito Mandiri 2017

1) Bank Mandiri

Tabungan pendidikan Bank Mandiri atau yang biasa di sebut dengan tabungan rencana mandiri ini mempunyai setoran awal yang sangat terjangkau. Tabungan ini juga mempunyai prosedur harus menabung dalam minimal waktu 1 tahun.

Ada cukup bunga yang diberikan oleh tabungan rencana ini. Penarikan dana juga diperbolehkan setelah 1 tahun dan dibatasi. Pada tabungan ini juga diberikan perlindungan asuransi secara gratis tanpa pemeriksaan.

Tetapi di tabungan ini terdapatnya masa tunggu asuransi. Dimana jika meninggal di tahun pertama kontrak maka akan ditanggungkan untuk meninggal karena kecelakaan.

Sedangkan untuk meninggal karena sakit tidak akan ditanggung. Dimana meninggal karena sakit ini juga mempunyai masa tunggu 2 tahun sejak pembukaan tabungan.

2) CIMB Niaga

Untuk tabungan pendidikan CIMB Niaga ini mempunyai 2 program yaitu teguler dan X-tra. Dimana tabungan reguler ini mempunyai setoran 10x setoran bulanan. Anda minimal harus menyetor Rp 100.000,- per bulan dan setoran awal Rp 1.000.000,-.

Di tabungan ini juga tidak ada batas minimum untuk masa kontrak, tetapi jika kontrak kurang dari 2 tahun akan mendapat bunga  yang lebih rendah.

Sedangkan untuk tabungan X-tra ini mempunyai asuransi, kemudian masa kontrak minimum 5 tahun. Anda juga diwajibkan lolos pemeriksaan kesehatan untuk mendapatkan fasilitas asuransi tersebut.

3) BNI

Yang terakhir untuk tabungan pendidikan anak BNI ini yang sering disebut dengan Tapenas mempunyai setoran bulanan minimum Rp 100.000 dan tidak ada setoran awal. Untuk masa kontraknya juga minimum 2 sampai 18 tahun.

Untuk bunganya sendiri adalah 4% setahun, tetapi bunga bisa berubah setiap saat. Di tabungan ini tidak boleh melakukan penarikan dana, karena ketika Anda menarik dana Tapenas harus ditutup.

Tabungan ini menyediakan asuransi gratis tanpa pemeriksaan. Jika Anda mengalami keadaan tertentu seperti meninggal misalnya akan ditanggung sejak pembukaan tabungan.

Tetapi hal ini untuk meninggal karena kecelakaan. Untuk sebab meninggal bukan karena kecelakaan harus ada masa tunggu setelah 6 bulan sejak pembukaan.

Bagaimana menurut Anda?

Bank manakah yang pantas untuk membuka tabungan pendidikan anak?

Setiap bank mempunyai kebijakan dan prosedur masing-masing. Semua keuntungan hampir sama hanya saja perbedaan dalam cara bayar dan juga asuransi.

Oleh karena itu Anda yang akan membuka tabungan pendidikan ini harus pintar-pintar dalam memilih bank mama yang akan dipilih untuk membuka tabungan.

Baca juga: Mengenal Tabungan Rencana Mandiri

Baca juga: Ingin Untung Besar? Coba Investasi Emas!

Tips Memulai Tabungan Pendidikan Anak

Maka Anda juga memerlukan beberapa strategi agar nantinya Anda dapat mencapai target yang  Anda inginkan. Berikut ini ada beberapa strategi untuk membuat tabungan pendidikan anak.

1) Perkiraan kapan anak menempuh pendidikan

Kebanyakan orang mempunyai target tabungan pendidikan adalah untuk perkuliahan, karena memang tinggi. Tetapi Anda juga harus sudah mulai memperkirakan kapan anak Anda akan menempuh jenjang perkuliahan.

Anda juga harus dapat membedakan bagaimana harga pendidikan untuk anak Anda dari mulai masuk pendidikan anak usia dini sampai kuliah.

Kemudian Anda juga harus memperkirakan adanya inflasi yang dapat menjadikan turunnya harga tabungan pendidikan anak Anda dan juga biaya kehidupan yang nantinya akan menjadi naik setiap tahunnya.

2) Perkirakan jumlah biaya pendidikan

Setelah memperkirakan kapan anak akan menempuh pendidikan, kemudian Anda harus memperkirakan berapa jumlah biaya yang akan dibutuhkan selama pendidikan.

Dengan seperti ini rencana untuk tabungan pendidikan anak Anda mungkin akan mencapai target.

Tidak lupa Anda juga harus memperkirakan tempat dan lokasi pendidikan anak Anda. Misalnya saja sekolah biasa dengan yang bertaraf internasional, atau dari tempat kuliah dengan UMR tinggi atau rendah.

3) Mulai buat perhitungan

Setelah mengetahui jumlah biaya yang diperlukan dan untuk berapa lama, Anda dapat memulai perhitungan kecil seperti dari sekian rupiah untuk sekian tahun berarti Anda harus menabung berapa setiap  tahunnya.

Dengan perhitungan seperti itu Anda akan cukup untuk mencapai target dari tabungan pendidikan anak Anda.

4) Menutupi kehidupan

Jika Anda menghabiskan banyak untuk tabungan pendidikan anak, otomatis untuk kehidupan sehari-hari Anda akan lebih berkurang. Oleh karena itu lebih baik Anda dapat cara bagaimana untuk menutupi biaya kehidupan sehari-hari Anda saat sedang menabung.

Bagi Anda yang sudah akan menyiapkan tabungan pendidikan anak, anak jangan bingung karena terdapat juga asuransi pendidikan. Dimana keduanya mempunyai tujuan yang hampir sama walaupun terdapat beberapa perbedaan yang cukup terlihat.

Tabungan pendidikan vs asuransi pendidikan keduanya merupakan suatu hal untuk tujuan biaya pendidikan. Namun kinerja dari keduanya berbeda.

Dimana tabungan pendidikan ini seperti tabungan konvensional pada umumnya yang terdapat bunga. Sehingga dapat mencairkan dana beberapa tahun sesuai dengan prosedurnya.

Sedangkan asuransi pendidikan lebih seperti investasi. Dimana akan terpengaruhi oleh inflasi yang akan menjatuhkan harga.

Selain itu perbedaan dari keuangan juga terlihat dari sisi pembayarannya. Jika tabungan pendidikan anak ini merupakan tabungan berjangka, dimana tabungan ini telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan. Maksudnya ketika bank tersebut bangkrut maka tabungan Anda akan tetap aman.

Berbeda dengan asuransi pendidikan yang tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan. Sehingga asuransi pendidikan ini hanya berfungsi untuk memfokuskan pelindung sekaligus tabungan dan investasi.

Leave a Reply