Tips Interview Kerja Ampuh, Pasti Diterima!

Jika Anda ingin mendapatkan sebuah pekerjaan, maka seorang pelamar harus melewati beberapa tahapan agar bisa mendapatkan pekerjaan.

Tahapan-tahapan itu juga menjadi persyaratan oleh perusahaan. Salah satu tahapan yang mau tak mau harus dilewati oleh para pelamar adalah wawancara (interview).

Memang perusahaan tidak mau rugi dengan apa saja yang mereka lakukan, termasuk pada proses rekrutmen karyawan baru. Maka untuk mencapai tujuannya, perusahaan akan merekrut orang yang kira-kira menguntungkan perusahaan.

Pihak HRD (Human Resource Development) adalah pihak perusahaan yang bertanggung jawan atas proses perekrutan ini.

Pihak HRD akan memberikan beberapa tahapan atau prosedur kepada para pelamar kerja. Tahapan yang harus dilewati salah satunya adalah interview.

Interview dilakukan agar perusahaan tidak sembarangan merekrut orang. Mereka memilih yang terbaik untuk dijadikan pegawai.

Pada proses interview ini, seorang pelamar kerja akan mendapatkan beberapa pertanyaan yang diajukan dari pihak HRD yang harus Anda jawab dengan baik.

Bagi Anda yang sebentar lagi akan menjalani proses interview ini, maka Anda harus membaca tips interview kerja yang ampuh beirkut ini!

Anda harus memahami dengan baik tips interview kerja dari kami. Selain tips ada juga beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para pihak HRD ini.

Lalu apa saja pertanyaan dan tips interview kerja yang akan membantu Anda? Berikut ulasannya!

gambar tips interview kerja

Pic Source: Pixabay.com

Tips Interview Kerja

1) Tunjukkan kepercayaan diri Anda

Dalam interview, kepercayaan diri sangat diperlukan di saat seperti ini. Perusahaan akan mengutamakan seseorang yang nantinya akan berhadapan langsung dengan banyak orang seperti customer service, teller, marketing, public relation, administrasi, karyawatn STAN, hotel, dan lain sebagainya.

Jika Anda tidak mempunyai satu modal ini, maka besar kemungkinan bahwa Anda akan sulit untuk dapat lolos tahapan selanjutnya setelah interview.

Percaya diri dalam interview sebenarnya bukan hanya bertujuan untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain lebih baik dan komunikasi dapat berjalan lancar, namun juga dapat mengetahui kemampuan untuk menyelesaikan setiap tugas yang diberikan oleh atasan.

Jika Anda mempunyai kepercayaan diri yang baik, maka Anda bisa menyelesaikan semua tugas yang diberikan.

Bahkan individu yang mempunyai kepercayaan diri yang baik juga akan jauh lebih cepat mempelajari hal-hal baru.

Skill inilah yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam menjalankan bisnis. Namun sebaliknya, jika Anda kurang percaya diri maka Anda akan kesulitan dalam melakukan komunikasi dengan orang lain dan tentunya pekerjaan Anda akan banyak yang terbengkalai karenanya.

Belum lagi jika pekerjaan Anda ada deadline atau target, maka sudah pasti Anda akan menjadi pesimis dalam segala hal dan kemungkinan yang akan dihadapi dalam dunia kerja.

Karena itulah jika Anda merasa tidak percaya diri, maka Anda harus membangun self confidence dengan segera!

2) Jangan pernah memberikan jawaban ‘Tidak!’

Saat kita sedang mengikuti tes interview, sering kali si penguji akan bertanya tentan apa saja kemampuan yang kita miliki.

Pasti mereka akan bertanya pertanyaan seperti “Bisa komputer?” atau “Bisa menggunakan program komputer seperti Excel, Powerpoint, Photoshop, dan sebagainya?

Nah, jika kita mendapatkan pertanyaan seperti ini maka pastikan untuk jangan pernah menjawab “Tidak”.

Jika Anda menjawab demikian maka si penguji tadi sudah bisa mendapatkan gambaran dan memberikan penilaian terhadap kemampuan Anda.

Bahkan bisa jadi dia sudah bisa memutuskan bahwa Anda tidak akan diterima kerja karena tidak layak.

Selanjutnya sudah pasti tidak akan ada panggilan selanjutnya untuk proses melamar kerja karena Anda sudah dianggap gugur.

Poin ini penting soal tips interview kerja karean di saat ini hampir semua bidang kerja mensyaratkan kemampuan untuk dapat menggunakan berbagai program komputer agar Anda lebih mudah mengerjakan tugas-tugas Anda.

Tentu saja Anda tidak akan diterima bekerja di bidang desain grafis jika Anda saja tidak bisa menggunakan Photoshop, bukan?

3) Jawablah pertanyaan sesuai yang diberikan

Ttips interview kerja selanjutnya adalah jawablah pertanyaan sesuai yang diberikan.

Mungkin Anda akan merasa keren jika menjawab pertanyaan dengan bertele-tele karena akan terlihat pintar, namun percayalah banyak sekali pelamar kerja yang tidak tahu bahwa menjawab dengan cara seperti ini malah akan mendapatkan penilaian buruk dari penguji.

Anda akan dianggap jago ngeles dan tidak tegas. Karena itu, sebaiknya Anda menjawab pertanyaan seadanya saja jika memang ingin lolos interview dengan mudah sehingga bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah.

Jika seandainya jawabannya hanya sekedar ‘Ya’ atau ‘Tidak’ yang diminta, maka jawablah demikian, tidak perlu panjang lebar sehingga Anda akan kesulitan sendiri.

Terkecuali jika memang HRD yang meminta langsung, maka barulah Anda menjawab sesuai yang diminta.

4) Berikan alasan keluar kerja dari tempat sebelumnya yang bersifat positif

Tips interview kerja yang satu ini juga penting sekali dilakukan jika memang Anda baru saja keluar dari perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya.

Sebisa mungkin berikan alasan yang tidak membuat penguji memberikan penilaian yang negatif, misal Anda resign karena tempat kerja Anda sebelumnya pindah tempat dan karena jauh maka Anda jadi keluar atau karena perusahaan sebelumnya tutup.

Jangan pernah menimbulkan penilaian yang negatif terhadap kepribadianmu.

Ada pula jawaban yang tidak lebih baik, misalnya resign dari perusahaan sebelumnya karena sudah malas bekerja di tempat tersebut atau karena Anda melakukan kesalahan yang fatal dan tidak dapat diterima sehingga Anda dikeluarkan tanpa hormat.

Jika alasan-alasan ini disampaikan maka Anda akan dinilai mempunyai sifat yang buruk. Karena itulah Anda perlu mempersiapkan diri dan tahu persis apa saja contoh pertanyaan interview kerja dan jawaban yang tepat.

5) Berikan jawaban yang normatif saat tawar menawar gaji

Yang dimaksud normatif di sini adalah bahwa jawaban yang Anda berikan tidak digambarkan sevara spesifik.

Jadi jika penguji memberikan pertanyaan seputar berapa gaji yang Anda inginkan, maka Anda cukup jawab “sesuai standar pemerintah dan perusahaan saja”.

Tidak perlu memberikan jawaban yang muluk-muluk.

Baca juga: Mencari Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan

Baca juga: 7 Peluang Bisnis Online Paling Menguntungkan

Atau jika Anda sudah punya pengalaman bekerja sebelumnya, maka Anda bisa mengatakan bahwa gajinya mungkin bisa lebih tinggi dari UMR karena Anda sudah pernah bekerja di bidang yang sama sebelumnya dan sudah mempunyai pengalaman dalam bidang yang dilamar.

Anda jangan samapi ngotot minta digaji sesuai yang Anda mau karena sudah pasti dalam tips interview kerja cara tersebut tidak akan membuat Anda lolos karena dianggap suka menuntut dan banyak maunya.

Cara Menjawab Pertanyaan dalam Interview

Selain tips interview kerja diatas, Anda juga harus tahu bagaimana cara menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan dalam interview. Berikut adalah pertanyaannya!

1) “Jelaskan tentang diri Anda?”

Pertanyaan ini merupakan salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan dari pihak HRD.

Jika Anda mendapatkan pertanyaan seperti ini maka Anda harus bisa menjawabnya dengan singkat dan pada intinya. Jelaskan tentang apa saja yang bisa Anda tawarkan kepada perusahaan.

Untuk pertanyaan yang satu ini, biasanya orang yang melakukan wawancara ingin mengetahui berapa lama pengalaman Anda bekerja, dimana saja Anda bekerja, dan hal apa saja yang pernah dikerjakan di perusahaan lama Anda.

Saat menjawab pertanyaan ini jangan lupa juga untuk menghubungkan pekerjaan Anda yang sebelumnya dengan kesukaan, hobi, atau passion Anda yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut.

Dari jawaban Anda inilah maka HRD biasanya akan mampu mengetahui nilai, kemampuan, kepribadian, dan pengetahuan Anda.

2) Kenapa Anda meninggalkan atau keluar dari pekerjaan terakhir Anda?”

Pertanyaan yang satu ini memang sangat membingungkan bagi kebanyakan pelamar kerja.

Jika Anda mendapatkan pertanyaan yang satu ini maka Anda harus menjawab dengan jawaban yang mantap, tidak ada keraguan, dan yang terpenting adalah tanpa kebohongan.

Jadi jika memang Anda menemukan bahwa pekerjaan Anda di perusahaan yang sebelumnya tidak menghargai Anda, maka jawab saja demikian.

Namun dalam menjawab pertanyaan ini janganlah Anda memojokkan atau merugikan salah satu pihak dengan cara menyalahkan mereka dan seolah-olah Anda yang paling benar, ini adalah tips interview kerja yang benar.

4) “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?”

Untuk menjawab pertanyaan ini, kami mempunyai tips interview kerja yang membuat Anda tidak terjebak jika ditanyai pertanyaan yang satu ini.

Anda harus menjawab pertanyaan ini dengan bijak. Jangan jadikan uang sebagai tujuan utama Anda melamar di perusahaan ini.

Walaupun memang sangat wajar jika manusia mencari uang, namun Anda harus mengatakan hal tersebut dengan cara implisit.

Anda harus jujur dalam pertanyaan ini, dan apabila Anda memang tertarik dengan besarnya gaji yang ditawarkan, maka katakan saja bahwa Anda ingin menjadi lebih produktif lagi dan ingin mengejar masa depan yang lebih baik lagi.

Masing-masing orang mempunyai tujuan dan pandangan yang berbeda-beda dalam melamar di suatu perusahaan, karena itulah Anda harus menjawab pertanyaan yang satu ini dengan bijak, jujur, dan yang paling penting bisa membuat Anda terlihat lebih produktif.

4) “Mengapa kami harus mempekerjakan Anda di perusahaan kami?”

Tips interview kerja selanjutnya adalah Anda harus berhati-hati dalam menjawab pertanyaan yang satu ini.

Pada umumnya, para pelamar akan menjawab dengan kemampuan dan kelebihan yang dimiliki. Bahkan terkadang ada juga beberapa pelamar yang melebih-lebihkan kemampuan dan kelebihan yang mereka miliki di hadapan pihak HRD.

Memang sah-sah saja untuk melebih-lebihkan kemampuan dan prestasi Anda di hadapan pihak HRD. Namun Anda perlu ingat bahwa Anda tidak boleh berlebihan. Mengapa begitu?

Karena tim HRD biasanya adalah orang-orang yang berasal dari jurusan Psikologi sehingga mereka dapat mengetahui karakter seseorang jika menyatakan sesuatu yang berlebihan.

Satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan dan harus diwaspadai karena bisa menjadi boomerang untuk Anda adalah jangan menyatakan kelebihan Anda dengan cara merendahkan kemampuan orang lain.

Tips interview kerja yang ini harus Anda lakukan jika Anda tak mau nama Anda dicoret dan ditolak oleh mereka.

5) “Apa keunggulan Anda?”

Untuk menjawab pertanyaan yang satu ini, tips interview kerja terbaik yang bisa kami berikan adalah kejujuran dan kesesuaian dengan posisi yang akan Anda lamar.

Jangan sampai Anda melebih-lebihkan kemampuan dan keunggulan Anda yang tidak sesuai dengan posisi yang Anda lamar karena nanti Anda akan dianggap kurang teliti.

Karena itulah Anda harus menyampaikan keunggulan yang Anda miliki dengan yakin dan memang perusahaan membutuhkan kemampuan Anda.

Demikian tips interview kerja yang bisa Anda ikuti. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda yang sebentar lagi akan menghadapi interview.

Leave a Reply