Tips Memilih Investasi yang Menguntungkan dan Minim Resiko

Investasi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan suatu keuntungan. Investasi juga bisa dikatakan sebagai salah satu cara menabung untuk masa depan.

Ada banyak sekali macam-macam investasi yang menguntungkan. Namun setiap hal tentu memiliki resiko tersendiri. Sama halnya dengan investasi.

Investasi juga sering disebut dengan high risk return. Ungkapan tersebut berarti bahwa semakin tinggi resiko dari suatu investasi, semakin besar pula keuntungannya.

Tetapi, sebagian besar orang menginginkan keuntungan yang lebih dengan cara bermain aman. Artinya mendapatkan keuntungan dari investasi dengan menekan resiko sedikit mungkin.

Ada banyak sekali jenis-jenis investasi yang cukup aman untuk dilakukan.

Pic Source: Pixabay.com

Pilihan Investasi yang Menguntungkan

Bagi Anda yang ingin melakukan investasi yang menguntungkan, ada beberapa macam investasi yang bisa Anda lakukan. Berikut ini adalah beberapa investasi yang cukup menguntungkan.

  1. Investasi Saham

Sudah tidak diragukan lagi bahwa investasi saham merupakan salah satu investasi yang cukup menguntungkan.

Investasi saham berarti Anda menjadi salah satu pemilik dari suatu bisnis tertentu. Secara garis besar, saham dibedakan menjadi dua yaitu terbuka dan tertutup. Investasi saham termasuk kedalam salah satu investasi yang beresiko tinggi.

Namun keuntungan yang diraup tentu akan sangat besar. Investasi terbuka biasanya berlaku untuk beberapa bisnis yang memiliki nilai Kap pasar yang besar.

Sedangkan untuk saham yang tertutup biasanya berupa penanaman modal pada suatu jenis bisnis waralaba atau franchise.

Investasi ini sangat cocok bagi Anda yang siap menerima resiko besar. Resiko tersebut akan terbayarkan dengan keuntungan yang ditawarkan.

  1. Investasi Pendapatan Tetap

Pada investasi ini, investor akan mendapatkan suatu penghasilan tetap baik setiap bulan maupun setiap tahunnya.

Investasi ini memiliki resiko yang cukup tinggi tergantung pada keadaan saat itu. Keadaan yang dimaksud adalah pergolakan pasar ekonomi global.

Adanya perubahan dari ekonomi dunia bisa mempengaruhi nilai dan resiko hilangnya suatu investasi.

Investasi ini memberikan suatu penawaran kepada Anda yang menjadi investor berupa surat hutang atau obligasi dengan pendapatan yang tetap.

Meski pun resiko yang harus dihadapi cukup sulit Karena tergantung dengan perubahan ekonomi dunia, manfaat atau keuntungan yang bisa didapatkan dari investasi pendapatan tetap sangat menguntungkan.

Adapun keuntungan yang bisa diperoleh yaitu mulai dari diversifikasi investasi, tim riset profesional hingga likuiditas.

Diversifikasi investasi merupakan suatu investasi yang akan memberikan keuntungan cukup optimal. Investasi yang menguntungkan ini akan diberikan dalam berbagai macam alat mulai dari surat berharga obligasi hingga deposito.

Selain itu keuntungan lainnya yang dapat diperoleh yaitu adanya tim riset manajer investasi yang sudah profesional. Sehingga para investor bisa mendapatkan portofolio obligasi yang sangat optimal.

Investor yang memilih untuk melakukan investasi yang menguntungkan berupa pendapatan tetap bisa mendapatkan keuntungan berupa likuiditas.

Adanya keuntungan ini, investor bisa menjual suatu produk reksa dana saat membutuhkan uang tunai.

  1. Investasi Dana Tunai

Investasi dana tunai merupakan salah satu jenis investasi yang hampir serupa dengan menabung.

Investasi ini mirip dengan tabungan atau deposit atau reksadana yang menggunakan uang tunai. Investasi ini memiliki tingkat resiko yang cukup kecil dibandingkan dengan jenis investasi lainnya.

Sehingga bagi Anda pemula yang ingin memulai investasi bisa mencoba untuk memilih investasi dana tunai untuk mendapatkan keuntungan.

Adapun dari 100% keuntungan yang bisa diperoleh, tingkat resiko yang didapatkan kurang dari 10%. Sehingga investasi Anda akan dijamin aman.

  1. Invetasi Fisik

Investasi fisik bukan berarti melakukan investasi menggunakan tubuh namun menggunakan benda berupa emas, berlian, maupun properti.

Investasi fisik memiliki banyak sekali keuntungan dengan resiko yang bermacam-macam. Resiko dan keuntungan ini bisa dilihat dari jenis benda yang dijadikan investasi.

Investasi fisik merupakan jenis investasi yang digunakan untuk jangka menengah panjang.

Misalnya saja pada investasi emas. Investasi emas memiliki tingkat resiko yang bervariasi. Pada emas batangan memiliki resiko yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis emas lainnya.

Investasi emas batangan atau emas antam memiliki keuntungan yang sangat besar dibandingkan dengan investasi emas perhiasan.

Selain investasi emas dan batu berlian, investasi properti merupakan jenis investasi lainnya yang sangat menguntungkan. investasi properti menjadi salah satu investasi yang menguntungkan serta sangat digandrungi saat ini.

Investasi ini banyak dipilih Karena keuangan cukup stabil sehingga minim resiko. Tidak seperti jenis investasi lainnya, investasi properti tidak dipengaruhi oleh ekonomi global sehingga sangat menguntungkan.

Baca juga: Serba-Serbi Tentang Proses Jual Beli Saham yang Harus Diperhatikan

Baca juga: Berbagai Keuntungan dan Cara Investasi Emas yang Tepat

Salah satu hal yang harus diperhatikan untuk melakukan investasi property yaitu memperhatikan lokasi. Lokasi dari suatu hunian sangat penting untuk diperhatikan karena akan mempengaruhi keuntungan dan kelancaran dari suatu bisnis.

Cara Memulai Investasi yang Baik dan Benar

Setelah menentukan jenis investasi yang tepat, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan saat akan melakukan investasi. Berikut ini adalah cara untuk memulai investasi agar aman dan menguntungkan.

Waktu Investasi

Memilih waktu untuk investasi yang tepat harus diperhatikan. Sebelum Anda melakukan investasi, Anda harus mengetahui beberapa siklus ekonomi yang dapat mempengaruhi jalannya investasi. Dengan mengetahui siklus ekonomi, Anda bisa menentukan waktu yang tepat untuk investasi.

Anda bisa saja mengikuti tren investasi yang sedang booming namun tidak luput memperhatikan peluang keuntungan yang akan didapatkan serta resiko yang harus dihadapi.

Saat Anda masuk ke dalam suatu jenis investasi yang menguntungkan pada saat yang tepat, keuntungan dan keberhasilan yang akan Anda peroleh cukup banyak.

Perusahaan yang Sesuai

Selain melihat waktu yang tepat, keuntungan dari suatu investasi bisa Anda dapatkan dengan cara melihat industri atau perusahaan yang tepat.

Untuk menentukan industri atau perusahaan, Anda bisa menentukan yang sesuai dengan minat Anda. Sebelum Anda menentukan, ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu mengenai suatu perusahaan tertentu.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya tingkat resiko, keuntungan yang didapatkan, hingga mengantisipasi adanya penipuan.

Selain mengetahui tingkat resiko dan keuntungan, Anda juga perlu mengetahui siklus yang sedang terjadi di perusahaan pilihan Anda.

Siklus ini menentukan jenis komoditas apa yang sedang dilakukan. Sehingga Anda bisa melihat suatu investasi yang menguntungkan dari jenis bisnis yang dilakoni.

Amati Siklus

Siklus ekonomi menjadi salah satu penentu bagi Anda yang ingin melakukan investasi. Mengamati siklus ekonomi juga sangat penting karena Anda juga bisa mengamati tingkat resiko yang dimiliki dari suatu investasi.

Jika Anda perhatikan instrumen investasi akan berubah seiring dengan tren yang sedang dijalankan. Misalnya saja, suatu perusahaan yang bekerja di bidang komoditas baja akan terganti dengan komoditi emas.

Saat pergantian inilah Anda bisa masuk dan mulai investasi. Karena pada saat tersebut, emas menjadi salah satu barang yang sedang tren. Sehingga resiko yang didapatkan dari investasi cukup kecil.

Instrumen Investasi yang Sesuai

Instrumen investasi merupakan pilihan aset Anda yang akan ditanamkan modal. Ada banyak sekali instrument investasi yang menguntungkan.

Anda bisa menggunakan reksadana, obligasi, P2P, hingga logam mulia. Agar investasi yang Anda jalankan aman dan menguntungkan, pastikan Anda memilih instrument investasi yang menguntungkan, tepat dan sesuai dengan bakat Anda.

Menentukan instrumen sangat penting Karena akan mempengaruhi seberapa besar keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Misalnya saja, saat Anda memilih untuk menggunakan P2P. P2P atau Peer to Peer Lending adalah jenis pembiayaan yang biasa digunakan untuk investasi.

Instrumen investasi yang menguntungkan ini memungkinkan Anda dipertemukan dengan pengusaha mikro.

Dengan menggunakan P2P, Anda tidak hanya akan mendapatkan keuntungan yang maksimal tetapi juga mendapatkan resiko investasi yang cukup ringan.

Hal tersebut dikarenakan P2P menggunakan suatu teknologi berupa marketplace sehingga selain bisa bertemu dengan pengusaha mikro, biaya operasional Anda juga bisa ditekan sehingga lebih minim resiko.

Investasi menggunaka P2P sangat cocok bagi para pemula yang baru akan memulai investasi yang menguntungkan dengan tingkat resiko yang rendah.

Selain menggunakan P2P, logam mulia bisa Anda pilih sebagai instrument investasi. Yang Anda perlukan yaitu membeli logam mulia seperti emas, berlian maupun yang lainnya.

Ambil kata Emas. Emas merupakan salah satu logam mulia yang sering digunakan untuk investasi. Emas memiliki nilai atau harga yang sangat berubah-ubah.

Namun, pada umumnya, emas memiliki nilai yang terus meningkat.

Investasi yang menguntungkan dengan memilih instrumen berupa emas bisa Anda dapatkan keuntungan berlebihnya dengan terus memantau harga jual beli emas dunia.

Anda bisa membeli emas pada saat harga murah dan menjualnya kembali saat harga naik atau saat harga tertinggi.

Menentukan jangka Waktu

Bagi Anda yang ingin memulai untuk investasi, Anda harus memperhatikan jangka waktu yang akan Anda pilih. Perlu Anda ingat bahwa Investasi merupakan tabungan untuk masa depan.

Yang berarti bahwa investasi sangat cocok digunakan sebagai tabungan untuk jangka panjang. Investasi dengan jangka waktu yang pendek memiliki keuntungan yang kurang maksimal.

Misalnya saja pada investasi emas. Emas akan mencapai harga yang pas dan menguntungkan jika Anda investasi lebih dari 10 tahun.

Pada waktu tersebut, harga emas akan mencapai titik yang tinggi sehingga keuntungan yang Anda dapatkan akan tinggi pula.

Dengan menentukan jangka waktu yang panjang, Anda juga harus siap dalam menerima resiko investasi.

Sebagai investor yang akan investasi jangka panjang, Anda harus tetap waspada dan tenang saat pasar ekonomi mulai turun. Karena hal tersebut merupakan salah satu bagian dari siklus ekonomi yang suatu hari nanti akan naik kembali.

Seperti halnya perpanjang paspor online, investasi yang menguntungkan dengan jangka waktu yang cukup lama bisa diperpanjang guna mendapatkan keuntungan yang lebih.

Amati Siklus Puncak

Pada suatu siklus terdapat siklus tinggi dan rendah. Beberapa investor akan menarik invetasinya pada saat siklus mulai turun.

Namun, pada keadaan tertentu, suatu siklus bisa naik kembali secara drastis sehingga bisa menambah keuntungan investasi Anda.

Agar Anda terhindar dari resiko atau kerugian investasi, Anda harus mengamati dan mengetahui siklus puncak dari suatu investasi sebelum nilai atau harga tersebut turun secara drastis.

Dengan turunnya atau jatuhnya suatu usaha bisa mempengaruhi keuntungan dan resiko dari investasi. Untuk mengurangi resiko dari investasi, saat suatu investasi sudah berada  pada siklus puncak, Anda bisa mengganti instrumen investasi yang baru sehingga Anda terhindar dari kerugian.

Mengamati dan memperhatikan instrument investasi yang menguntungkan sama halnya saat Anda memperhatikan syarat membuat paspor umroh. Ada banyak sekali hal yang harus benar-benar diperhatikan agar tidak dirugikan.

Leave a Reply