Tips Memulai dan Melihat Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil

Pentingnya memiliki usaha sendiri kini semakin disadari baik oleh orang yang telah memiliki pekerjaan tetap maupun mereka yang belum.

Kini persaingan mendapatkan pekerjaan semakin ketat sehingga banyak yang memilih membuat usaha sendiri daripada terus menerus menunggu lowongan pekerjaan.

Begitu pula dengan mereka yang memiliki pekerjaan tetap, mereka juga memiliki alasan tersendiri untuk memiliki usaha sampingan. Salah satunya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang dirasa tak cukup jika hanya mengandalkan pekerjaan utama.

Alasan lain adalah sebagai investasi jangka panjang masa depan atau hari tua. Tentu tak semua pekerjaan akan memberikan kita jaminan hari tua atau pensiun sehingga membuka bisnis sampingan menjadi pilihan utama demi merancang masa depan cerah.

Selain berbgaai alasan tersebut, nyatanya di jaman sekarang peluang usaha sampingan juga semakin meluas. Apalagi dengan terus berkembangnya teknologi, khususnya teknologi internet.

Ada banyak bisnis sampingan yang bisa dijalankan dengan memanfaatkan berbagai peluang tersebut. Bisnis sampingan bisa dilakukan oleh siapapun. Modal tak perlu menjadi halangan untuk anda menjalankan bisnis.

Cari saja bisnis sampingan modal kecil jika masalah yang dihadapi adalah modal. Selain urusan modal yang harus dipastikan adalah niat, tekad, dan semangat anda menjalankan bisnis tersebut.

Untuk anda yang ingin menjalankan bisnis sampingan, maka berikut ini tips untuk memulainya.

Pilih bisnis sesuai kemampuan modal
Bisnis atau usaha bisa dimulai dari hal-hal kecil. Tak harus langsung besar untuk dianggap sebagai bisnis. Apalagi jika tujuan bisnis tersebut adalah sebagai bisnis sampingan karyawan atau bisnis sampingan di rumah bagi anda para ibu rumah tangga.

Maka masukan pertimbangan modal dalam perencanaan bisnis anda. Seberapa banyak modal dan bersumber darimana.

Pilih usaha sesuai minat dan hobi
Hal ini penting agar dalam mejalankan bisnis bisa lebih bersemangat dan lebih menikmati prosesnya. Jika bisnis tersebut merupakan usaha sampingan tentu akan memakan waktu luang anda di luar kerja tetap.

Jadi memilih bisnis sesuai hobi bisa membuat waktu luang anda yang terpakai tak akan terasa, bisa dianggap sedang menjalankan hobi untuk mengusir penat bekerja di kantor. Usaha berdasarkan hobi akan cocok sebagai usaha sampingan karyawan.

Memanfaatkan keahlian dan keterampilan
Selain hobi, keahlian dan keterampilan juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi bisnis. Misalnya saja keterampilan anda membuat kerajinan tangan, membuat desain, menerjemahkan bahasa asing, dan sebagainya.

Pilihlah usaha yang mudah dan simpel
Karena sifatnya sampingan, maka pilihlah usaha yang mudah dan simpel. Mungkin seiring berjalannya waktu bisa sambil dikembangkan. Nantinya setelah pensiun dari pekerjaan utama bisa lebih dibuat kompleks lagi jika anda menginginkannya.

Memanfaatkan peluang usaha sampingan dan sedang trend
Seperti yang di awal telah disinggung bahwa perkembangan teknologi semakin membuka peluang usaha untuk setiap orang, salah satunya teknologi internet.

Dari mulai hal sederhana seperti menjual kuota internet saja sudah bisa dijadikan sebagai sebuah bisnis.

Bahkan sibuknya orang-orang menjalankan usaha mereka juga bisa menjadi sebuah peluang misalnya membuka jasa laundry+setrika. Tentu banyak orang sibuk dan tak sempat mengerjakan hal semacam mencuci bukan? serta masih banyak peluang lainnya.

Tips Memulai dan Melihat Peluang Usaha

Jangan lupa buat perencanaan yang matang dan detail
Setelah mempertimbangkan modal dan usaha apa yang dipilih maka selanjutnya buat perencanaan yang matang terkait usaha yang akan anda jalankan.

Tentang bagaimana anda menjalankannya, bagaimana sistem usahanya, serta berbagai perencanaan yang perlu dilakukan. Buat sedetail mungkin.

Kelola keuntungan terpisah dari penghasilan utama
Mengelola keuntungan terpisah perlu dimasukan dalam perencanaan.

Rencanakan bagaimana anda mengelola keuntungan dari usaha sampingan anda namun yang pasti jangan sampai digabung dengan uang anda dari sumber lainnya agar perkembangan usaha sampingan anda terlihat jelas.

Kelola stress
Walaupun yang anda lakukan adalah demi masa depan cerah dan untuk menjamin hari tua, namun jangan lupa untuk tetap menyempatkan waktu beristirahat dan refreshing.

Merencanakan masa depan memang bagus, namun jangan lupa nikmati waktu anda saat ini juga. jangan sampai waktu berlalu begitu saja tanpa anda sadari karena anda terlalu sibuk.

Gunakan karyawan
Untuk mengatasi managemen waktu anda maka bisa pula gunakan karyawan. Hal ini bisa anda lakukan jika bisnis yang anda miliki sudah memungkinkan.

Bangun networking
Memiliki jaringan luas merupakan salah satu hal yang bisa membuat bisnis anda lancar. Maka jangan lupa untuk selalu membangun jaringan dengan orang-orang sekitar.

Segera lakukan
Jika sudah memiliki modal, sudah tau bisnis apa yang akan dijalankan, dan sudah melakukan perencanaan secara matang dan detail, maka segera lakukan.

Jangan sampai terus menerus ditunda, peluang usaha sampingan menanti anda.

Selanjutnya bagi anda yang masih bingung hendak memilih usaha apa, berikut ini adalah beberapa contoh peluang usaha sampingan yang bisa anda jadikan usaha sampingan di rumah maupun usaha sampingan karyawan.

Pilihan usaha berikut ini merupakan usaha yang bisa anda manfaatkan baik karena trend saat ini, pemanfaatan keahlian, maupun hoby anda.

Jual pulsa seluler dan listrik
Peluang usaha sampingan yang satu ini mungkin telah banyak dimanfaatkan oleh orang-orang. Namun tak ada salahnya memilih usaha ini, apalagi jika di sekitar lingkungan tempat tinggal, atau lingkungan sosial anda masih jarang yang menyediakannya.

Anda bisa membuat tetangga anda berlangganan pulsa pada anda, begitupun teman kantor. Pulsa seluler sudah pasti banyak yang mencari sementara pulsa listrik kini semakin banyak digunakan oleh orang-orang. Terlebih usaha ini tergolong usaha sampingan modal kecil.

Laundry
Peluang lain yang tak kalah menggiurkan saat ini adalah jasa laundry. Banyak yang suka menggunakan jasa ini karena kepraktisannya.

Laundry memudahkan orang-orang dalam mencuci pakaian sampai menyetrika pakaian hingga rapi. Mungkin modal usaha laundry lebih besar daripada menjual pulsa, namun jika ada modalnya kenapa tidak bukan?

Catering
Usaha yang satu ini bisa berangkat dari peluang disekitar anda maupun keahlian anda dalam masak memasak.

Apalagi jika anda bekerja di kantor yang sering membutuhkan jasa catering, tentu anda bisa menyelam sambil minum air. Jaringan anda yang sudah luas bisa dimanfaatkan dalam usaha ini.

Penulis
Banyak dari penulis di Indonesia yang pekerjaan utamanya bukan penulis, misalnya saja pegawai bank. Justru background pekerjaan anda bisa dijadikan sebagai inspirasi menulis.

Tulisan banyak ragamnya, bisa berupa novel atau paling tidak tulisan di blog. Blog jika dikelola dengan baik akan sangat mungkin memberikan penghasilan yang berlimpah.

Penerjemah
Kemampuan berbahasa asing yang mumpuni bisa menjadi peluang usaha sampingan anda. Terima job beberapa kali dan pengerjaannya bisa dilakukan di rumah. Pekerjaan ini memiliki waktu yang cukup fleksibel jadi sangat cocok untuk dijadikan sebagai usaha sampingan.

Jasa desain grafis
Kini desain grafis semakin diminati. Banyak dicari orang yang bisa memiliki kemampuan desain grafis.

Maka jika anda memiliki kemampuan ini bisa dijadikan sebagai usaha sampingan. Bisa dilakukan di rumah, juga memanfaatkan keahlian imajinasi dan hobi tentu akan menjadi usaha sampingan yang menyenangkan.

Menjual foto
Usaha ini bisa berangkat dari hobi dan kemampuan anda menghasilkan foto yang layak jual. Anda bisa mencari dan menciptakan objek foto yang menarik dan kemudian memasarkan foto tersebut.

Kini ada media sosial yang semakin memudahkan pemasaran anda. Selain itu juga bisa menyediakan jasa foto studio atau jasa foto untuk acara-acara seperti pernikahan, ulangtahun dan sebagainya.

Pemandu wisata
Memiliki kemampuan berbahasa inggris dan anda tinggal di daerah wisata? tak ada salahnya jika memanfaatkan peluang usaha sampingan tersebut.

Usaha ini juga temasuk dalam usaha sampingan modal kecil. Berbekal kemampuan dan lingkungan anda sudha bisa meraup untung.

Jasa les privat
Jasa ini bisa dipilih oleh anda yang memiliki background pendidikan. Menjadi guru di sekolah bisa menjadi pekerjaan utama, namun menjadi guru les privat juga bisa menjadi usaha sampingan.

Selain itu bagi para mahasiswa juga bisa menjadikan usaha ini sebagai usaha sampingan. Usaha ini tergolong usaha sampingan modal kecil. Bermodal kemampuan pengetahuan dan kemampuan mendidik anda sudah bisa mendapat penghasilan tambahan.

Bisnis reseller toko online
Yang satu ini tentu sudah tak asing lagi. Bisnis ini semakin menjamur, namun anda bisa melakukan inovasi dan melihat peluang sekitar anda. Kira-kira apa yang akan anda jual.

Mengkhususkan diri dalam menjual suatu produk bisa juga menjadi taktik bisnis online yang jitu. Bisnis ini mudah dilakukan bahkan bisa anda kendalikan dimanapun.

Pekerjaan utama tak akan terganggu begitu pula waktu istirahat anda. Bisnis ini cocok untuk dijadikan sebagai usaha sampingan di rumah.

Baca juga: 11 Jenis Peluang Usaha dan Tips Memulai Usaha di Pedesaan

Baca juga: Peluang Usaha Kuliner yang Dapat Anda Pilih Saat Ini

Ada begitu banyak pilihan usaha sampingan untuk anda dari usaha sampingan modal kecil hingga besar. Juga dari peluang trend saat ini hingga keahlian yang anda miliki. Maka tak perlu ragu untuk menjalankan usaha sampingan.

Kini bukan jamannya hanya mengandalkan pendapatan tetap dari kantor. Juga bukan jamannya mengambil jalan aman dengan memilih pekerjaan yang memberikan anda pensiun karena anda bisa mempersiapkan masa depan dengan bisnis sendiri.

Selain memberikan keuntungan jaminan masa depan dan persiapan hari tua, usaha sampingan juga memiliki manfaat lainnya seperti membuka lowongan pekerjaan untuk orang lain, memberikan anda kesempatan menjadi seorang bos.

Tentunya menghasilkan uang lebih banyak, peluang penghasilan yang tidak terbatas, serta berbagai manfaat lainnya.

Adanya peluang usaha sampingan yang begitu melimpah disekitar kita tak boleh disia-siakan. Yang harus dilakukan saat ini jika memang ingin memulai usaha adalah ‘segera mulai’, ‘just do it!’.

Jangan lagi menunda untuk memulai bisnis anda, lakukan sekarang juga. Memang yang menjadi salah satu hambatan berbisnis atau membuka usaha adalah keberanian untuk memulainya.

Akan ada berbagai tantangan saat menjalankan bisnis, apalagi jika bisnis tersebut merupakan usaha sampingan.

Berbagai tantangan tersebut antara lain benturan waktu antara pekerjaan utama dan usaha sampingan, sepinya konsumen usaha terutama saat usaha sampingan anda masih baru, kesulitan dalam pemasaran, kadang juga salah dalam memilih usaha.

Namun dari berbagai tantangan tersebut yang pertama harus ditaklukan adalah rasa malas. Ya, rasa malas merupakan tantangan terbesar dalam setiap hal terutama dalam menjalankan bisnis atau usaha sampingan.

Maka, kini beranilah untuk segera memulai usaha sampingan! Manfaatkan peluang usaha sampingan yang ada dan kesuksesan akan anda raih. sekian

Image credit: Pixabay

2 Comments

Leave a Reply