Tips Mendapatkan Pinjaman Cepat Dalam Keperluan Mendesak

Hidup manusia tidak selalu mulus dalam perjalannya. Bagaikan roller coaster, hidup manusia naik turun, senang susah sedih dan bahagia. Manusia tidak bisa memilih ketika suatu keadaan datang padanya, termasuk ketika manusia berada di titik paling rendah dalam hidupnya.

Ada berbagai masalah yang datang dalam kehidupan manusia silih berganti, salah satunya ketika kesulitan ekonomi menghampiri.

Anda pasti akan berpikir keras ketika kesulitan ekonomi mendera Anda dan keluarga Anda untuk dapat keluar dari kesulitan tersebut.

Kesulitan ekonomi dapat dilatarbelakangi oleh banyak hal, seperti kecelakaan lalu lintas yang menimpa salah satu anggota keluarga Anda sehingga harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit dan memerlukan biaya yang tidak sedikit, sakit keras yang diderita orang tua atau operasi dan membutuhkan penanganan medis yang serius dan pastinya memerlukan biaya yang cukup banyak, biaya masuk sekolah bagi anak, dan lain-lain.

Keadaan mendesak dalam ekonomi keluarga ini tentu saja membutuhkan pemikiran yang matang, apalagi ketika keadaan ekonomi keluarga berada dalam keadaan yang tidak baik.

Banyak cara yang dipikirkan oleh banyak orang yang berusaha memperoleh uang pinjaman cepat. Namun, memperoleh pinjaman cepat bukan berarti Anda dapat asal-asalan mengambil alternatif atau menempuh cara untuk mendapatkan pinjaman cepat.

gambar uang pinjaman cepat

Pic Source: Pixabay.com

Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Memperoleh Pinjaman Uang Cepat

Ada beberapa hal yang tetap harus diperhatikan ketika Anda ingin memperoleh pinjaman uang secara cepat dan aman, antara lain :

1) Perhatikan Saran Teman dan Keluarga

Sebagai makhluk sosial, tentunya Anda tidak dapat menutup diri dari interaksi dengan anggota masyarakat lain, termasuk keluarga dan teman.

Apalagi ketika Anda berada dalam situasi yang sulit, keberadaan teman dan keluarga pasti akan sangat Anda butuhkan, karena Anda pasti butuh teman bicara dalam mencari solusi atas persoalan yang sedang Anda hadapi.

Banyak kasus yang telah mencontohkan bagaimana teman dan keluarga bisa memberikan bantuan keuangan ketika Anda berada dalam kesulitan. Ketika teman atau keluarga menawarkan bantuan keuangan, sebaiknya hal ini dapat Anda sambut baik.

Teman dan keluarga pasti tidak akan memberikan pinjaman dengan jaminan atau bunga yang tinggi. Bahkan teman dan keluarga akan memberikan pinjaman cepat tanpa jaminan kepada Anda.

Rasa kekeluargaan pastilah menjadi kunci utama untuk saling bantu ketika berada dalam kesulitan.

2) Pilihlah lembaga bantuan keuangan resmi

Ketika keluarga atau teman tidak dapat membantu Anda sepenuhnya dalam mengatasi kesulitan keuangan, Anda tidak perlu berkecil hati.

Terdapat banyak lembaga keuangan resmi dan profesional yang akan memberikan pinjaman cepat secara aman. Meminjam uang di lembaga bantuan keuangan yang resmi akan menghindarkan Anda dari cekikan hutang yang besar dan bunga yang terlalu besar.

Lembaga bantuan keuangan resmi memiliki badan hukum, memiliki peraturan resmi, dan berada dalam pengawasan dinas terkait.

Oleh karena itu, dalam menentukan bunga pun tidak dapat sembarangan. Lembaga bantuan keuangan resmi ini seperti bank baik bank pemerintah maupun non-pemerintah dan pegadaian

3) Jangan gunakan rentenir

Apabila Anda berada pada situasi yang sangat mendesak, Anda tetap harus berpikir dengan kepala dingin, jangan tergesa-gesa dan jangan panik. Percayalah bahwa setiap persoalan pasti memiliki jalan keluar.

Disarankan Anda tidak menggunakan jasa peminjaman uang dari rentenir. Pada awalnya mungkin rentenir menawarkan pinjaman cepat yang mudah, tapi sesungguhnya rentenir mematok bunga yang sangat besar dan akan terus bertambah.

Rentenir sebagai penyedia peminjaman uang, tidak memiliki badan hukum dan peraturan yang resmi. Selain itu, tidak ada perjanjian resmi mengenai berapa angsuran yang dapat Anda berikan, waktu angsuran dan bunga yang disepakati bersama.

Apabila hutang Anda tidak lunas beserta bunganya dalam waktu yang sudah ditentukan, rentenir tidak jarang menggunakan cara-cara kekerasan.

Untuk lepas dari jerat rentenir sangatlah sulit, karena hutang Anda bukannya berkurang tetapi terus bertambah karena bunganya yang terus bertambah

4) Pilih Lembaga Peminjam Keuangan Dengan Bunga Rendah

Ketika Anda hendak meminjam uang dari suatu lembaga pemberi pinjaman keuangan, carilah lembaga yang menawarkan pinjaman cepat dengan bunga rendah.

Hal ini menjadi penting, mengingat ketika meminjam uang dari suatu lembaga keuangan, bunga pastilah menjadi salah satu kesepakatan yang harus Anda setujui.

Jangan sampai Anda meminjam uang di suatu lembaga keuangan yang bunganya tinggi. Alih-alih keluar dari masalah ekonomi, Anda malah terjerat hutang yang semakin banyak.

Tidak ada salahnya Anda mencari informasi tentang lembaga keuangan yang memberikan pinjaman dengan bunga yang rendah.

5) Pilihlah Lembaga Peminjam Keuangan Yang Memberikan Syarat Mudah

Ketika Anda akan meminjam uang di suatu lembaga atau badan keuangan tertentu, Anda harus memilih badan keuangan yang memberikan syarat peminjaman uang yang mudah dan tidak bertele-tele.

Pinjaman cepat dengan syarat mudah ini menentukan keberhasilan Anda dalam memperoleh pinjaman.

Namun, perlu diperhatikan pula, mudah dalam hal ini bukanlah mudah yang tidak wajar, tetapi syarat mudah yang wajar dan tidak mencurigakan.

6) Jangan Gadaikan Surat-surat Berharga Sebagai Jaminan

Beberapa lembaga atau badan keuangan pastilah memiliki syarat-syarat tertentu ketika Anda mengajukan pinjaman. Tetapi, Anda perlu memperhatikan jaminan apa yang akan Anda berikan sebagai syarat dalam pinjaman cepat dengan jaminan. 

Jangan jadikan surat rumah atau surat tanah sebagai jaminan, karena hal ini sangat berbahaya. Pikirkanlah keluarga Anda sebelum Anda menjadikan surat tanah atau surat kepemilikan rumah sebagai jaminan.

Tentu saja keluarga sangat membutuhkan tempat tinggal bahkan dalam keadaan mendesak sekali pun. Apabila dirasa sangat perlu menjadikan surat sebagai jaminan, Anda dapat menggunakan surat kendaraan Anda sebagai jaminan.

Baca Juga: Pajak Jual Beli Rumah dan Informasi KPR

Baca Juga: Jenis Pinjaman Bank Mandiri, Syarat dan Ketentuannya

Solusi Pinjam Uang yang Cepat dan Mudah

Jika keadaan sudah sangat mendesak bagi Anda untuk mencari tempat di mana Anda dapat memperoleh pinjaman uang dengan cepat, beberapa lembaga keuangan di awah ini dapat memberikan referensi bagi Anda untuk memilih lembaga keuangan sebagai media memperoleh pinjaman uang dengan cepat.

1) Pinjam Ke Pegadaian

Anda masih takut untuk meminjam uang ke bank karena khawatir dengan bunganya? Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat memperoleh pinjaman cepat dengan aman dan syarat mudah melalui pegadaian.

Pegadaian adalah salah satu perusahaan keuangan milik pemerintah yang memberikan jasa peminjaman uang dengan sistem gadai.

Sistem gadai yang dimaksud adalah menggadaikan suatu barang untuk memperoleh uang. Uang pinjaman yang akan diperoleh sesuai dengan nilai dari barang yang Anda gadaikan.

Barang-barang yang dapat Anda gadaikan seperti barang-barang elektronik, perhiasan seperti emas dan berlian, atau Anda dapat menggadaikan kendaraan Anda baik motor ataupun mobil dengan menyerahkan BPKB kepada pihak pegadaian.

Pegadaian sudah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, yang diharapkan akan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memperoleh pinjaman cepat dengan sistem gadaidan tidak terancam bunga yang besar.

Pegadaian memiliki beberapa prosedur yang harus Anda patuhi dalam mendapatkan pinjaman. Prosedur tersebut adalah :

  • Anda perlu membawa barang yang akan Anda gadaikan ke pegadaian, kemudian pihak pegadaian akan menaksir dan menentukan harga dari barang yang Anda bawa.
  • Setelah barang ditaksir, Anda akan mendapatkan sejumlah uang sesuai dengan taksiran harga barang yang telah Anda gadaikan.
  • Anda tidak akan mendapatkan potongan apapun, hanya potongan premi asuransi.

Anda dapat memperoleh kembali barang yang telah Anda gadaikan apabila Anda dapat menebusnya kembali di pegadaian. Apabila Anda tidak bisa menebusnya, pegadaian akan melelangnya.

2) Pinjam Di Bank

Bank menjadi salah satu tempat bagi banyak orang untuk mencari pinjaman cepat dan segera.

Masing-masing bank memiliki ketentuan dan syaratnya masing-masing dalam menyediakan jasa peminjaman uang. Beberapa bank di bawah ini dapat menjadi referensi bagi Anda untuk memperoleh pinjaman cepat di bank.

  • Bank Mandiri

Bank Mandiri adalah salah satu bank milik pemerintah yang menyediakan pinjaman uang kepada nasabah. Bank Mandiri bahkan saat ini memiliki satu sistem peminjaman uang yang semakin memudahkan nasabah, yaitu peminjaman cepat dengan sistem online.

Untuk mendapatkan pinjaman dengan sistem online ini, nasabah dapat mengajukan KTA tanpa harus datang ke Bank Mandiri.

Bank Mandiri memiliki beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh nasabah untuk mendapatkan pinjaman uang dengan menggunakan sistem online ini.

Persyaratan tersebut antara lain adalah nasabah harus berusia antara 21 sampai 55 tahun, memiliki penghasilan tetap minimal 2,5 juta per bulan untuk wilayah Jabodetabek dan penghasilan tetap minimal 2 juta per bulan untuk wilayah luar Jabodetabek.

Selain itu, persyaratan berkas juga harus dipenuhi, yaitu foto copy KTP, slip gaji, NPWP, SIUP, Rekening koran dan kartu kredit.

  • Bank BRI

Bank BRI merupakan bank milik pemerintah Indonesia yang sudah memiliki berbagai cabang di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di daerah-daerah terpencil.

Bank BRI memiliki banyak sistem peminjaman cepat dengan sistem kredit. Salah satu sistem peminjaman yang bisa Anda ambil adalah dengan kredit BRIguna.

Kredit BRIguna adalah salah satu sistem kredit yang diberikan kepada calon debitur dengan sumber pembayaran yang berasal dari penghasilan maupun pensiunan.

Jenis kredit ini dapat digunakan untuk pembiayaan keperluan produktif dan non-produktif, seperti pembelian barang bergerak/ tidak bergerak, perbaikan rumah, keperluan pendidikan, pengobatan, pernikahan, dan lain-lain.

Bank BRI memiliki syarat-syarat yang harus dipatuhi oleh calon debitur, yaitu foto copy identitas, foto copy KK, SK Pengangkatan Pertama dan SK terakhir, SK Pensiun, daftar pembayara pensiun, foto copy karip, buku pensiun, perincian gaji terakhir, surat pernyataan debitur, surat rekomendasi dari atasan, surat kuasa potong gaji/ pensiun, surat kuasa debet rekening, dan foto copy buku tabungan BRI.

  • Bank Permata

Berbeda dengan Bank Mandiri dan Bank BRI, Bank Permata memiliki kebijakan dan peraturan sendiri dalam memberikan pinjaman kepada nasabah.

Bank Permata memiliki program Permata KTA dengan sistem pinjaman cepat dengan proses cepat cair. Proses cepat cair ini memungkinkan uang Anda dapat cair dalam waktu satu hari.

Apabila Anda adalah pegawai tetap dari Bank Permata, Anda dapat mendapatkan pencairan dana selama satu hari. Dana yang sudah cair kemudian akan ditransfer ke rekening debitur.

Bunga yang diperoleh adalah 1,49% untuk pegawai dan 1,69% untuk wiraswasta. Namun, peminjam harus memiliki gaji minimal tiga juta per bulan.

Informasi di atas dapat Anda jadikan referensi apabila Anda berada dalam situasi terdesak untuk memperoleh pinjaman cepat dengan aman dan mudah, melalui lembaga-lembaga keuangan tertentu, baik bank pemerintah maupun non-pemerintah dan pegadaian.

Bijaklah ketika hendak meminjam uang, agar persoalan Anda seputar uang dapat terselesaikan dengan baik.

Leave a Reply