Tips Mendapatkan Pinjaman Dana Tunai dan Syarat Lengkapnya

Pinjaman adalah sejumlah uang yang dipinjam oleh seseorang atau kelompok ke orang lain atau di lembaga pinjaman keuangan.

Untuk mendapatkan pinjaman sejumlah uang, seseorang atau kelompok biasanya harus memberikan jaminan.

Bentuk jaminan untuk mendapatkan pinjaman cukup beragam, yang penting merupakan sesuatu yang bernilai.

Misalnya surat tanda kendaraan bermotor, sertifikat tanah hingga perhiasan dapat dijadikan sebagai jaminan pinjaman.

Namun tentunya berbagai jaminan tersebut harus memiliki nilai dan nilainya tidak lebih besar dari pinjaman dana tunai yang dipinjam.

Pinjaman yang berupa uang seringkali disebut dengan pinjaman moneter.

Pengembalian dana pinjaman memiliki cara yang cukup bervariasi. Pinjaman sendiri menjadi kegiatan keuangan di mana peminjam menerima sejumlah uang dan harus memberikannya kembali sesuai waktu yang telah disepakati.

Bentuk Pembayaran Pinjaman

Pinjaman dana tunai dapat dibayar oleh peminjam dengan dua cara yaitu mengembalikan pinjaman secara keseluruhan dalam satu kali waktu. Yang kedua yaitu dengan membayar pinjaman secara berangsur.

Bentuk angsuran dari pinjaman dapat dilakukan secara berkala. Di mana terkadang jumlah pinjaman yang diangsur dan waktunya sudah menjadi kesepakatan bersama.

pinjaman dana tunai

Pic Source: Pixabay.com

Beberapa bentuk pinjaman juga terkadang menggunakan sistem berbunga, di mana peminjam diminta untuk membayarkan sejumlah uang sebagai bunga dari pinjaman.

Besarnya jumlah bunga yang harus dibayarkan biasanya tergantung dari kebijakan tempat peminjaman. Jumlah uang yang dipinjam juga mempengaruhi besarnya bunga pinjaman.

Tempat Melakukan Pinjaman Dana Tunai       

Pinjaman berupa dana tunai biasanya dilakukan jika seseorang tengah membutuhkan uang secara tiba-tiba.

Untuk menemukan tempat yang bisa memberikan pinjaman secara mendadak memang bukan hal yang mudah.

Namun bukan berarti tidak ada. Terutama terkadang, beberapa tempat yang menawarkan memberikan pinjaman meminta jaminan pinjaman dan proses peminjaman yang rumit.

Namun sekarang ini sudah banyak tempat yang menawarkan memberikan pinjaman dana tunai tanpa pinjaman. Tetapi tidak banyak tempat yang menawarkan memberikan pinjaman seperti itu.

Orang Terdekat atau Keluarga

Terkadang yang memberikan pinjaman tanpa harus ada jaminan yaitu orang-orang terdekat. Meminjam dari orang-orang yang terdekat juga terkadang pinjaman tersebut tidak memiliki bunga.

Tetapi untuk melakukan pinjaman kepada kerabat dekat atau orang yang dikenal secara mendadak dengan jumlah pinjaman yang besar sulit untuk dilakukan.

Maka dari itu mendapatkan pinjaman dari tempat lain menjadi hal yang sangat dibutuhkan.

Selain dari kerabat dekat, tempat untuk mendapatkan pinjaman dana tunai tanpa menggunakan jaminan sekarang ini sudah cukup banyak. Namun ada baiknya untuk meneliti tempat tersebut sebelum melakukan peminjaman sejumlah uang tunai.

Mendapatkan pinjaman dari sebuah tempat peminjaman uang tanpa jaminan bukanlah perkara yang mudah. Sulitnya mempercayai orang lain terkadang juga menjadi alasannya.

Selain itu, banyak juga peminjam yang tidak membayar pinjamannya dengan benar. Bahkan banyak juga yang tidak melakukan pembayaran pinjaman.

Hal inilah yang membuat para peminjam uang meminta jaminan berupa benda-benda berharga. Selain itu, pinjaman dana tunai menjadi salah satu jenis pinjaman yang memiliki risiko yang cukup banyak terutama jika pinjaman tersebut memiliki tingkat bunga yang cukup tinggi.

Bank

Bank merupakan tempat yang paling banyak menawarkan pinjaman. Jenis bank yang menawarkan pinjaman juga cukup beragam.

Bank selaku lembaga keuangan negara juga memberikan pinjaman sejumlah uang dengan menggunakan jaminan. Namun sebelum mendapatkan pinjaman dari bank, biasanya dilakukan survey terlebih dahulu.

Untuk mendapatkan pinjaman dari bank, seseorang akan di survey selama beberapa hari sebelum pinjaman diberikan. Bank menjadi salah satu dari sekian tempat pinjaman dana secara tunai yang resmi.

Namun karena terlalu rumitnya proses peminjaman, banyak peminjam yang melakukan pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair yang tidak resmi.

Meski begitu, Anda harus tetap mengisi dokumen mengenai syarat dan ketentuan terlebih dahulu.

Pegadaian

Bunga pinjaman dari pegadaian juga terhitung cukup kecil. Maka dari itu pegadaian sering kali dijadikan sebagai tempat pinjaman uang tunai pribadi.

Sebenarnya bank juga dapat memberikan pinjaman sejumlah uang tunai secara pribadi dengan jaminan tertentu. Namun jumlah pinjaman yang diberikan biasanya memiliki kisaran nilai tertentu.

Sementara pegadaian sendiri, hanya bisa memberikan pinjaman yang disesuaikan dengan nilai jaminan dan peminjam tidak dapat meminjam sejumlah uang dengan nilai yang lebih tinggi.

Koperasi

Untuk mendapatkan pinjaman dana tunai tanpa jaminan, Anda juga dapat melakukan pinjaman di koperasi. Namun syaratnya, Anda harus menjadi anggota koperasi terlebih dahulu.

Pinjaman dari koperasi sendiri tidak dapat dijadikan sebagai pinjaman pribadi. Pinjaman koperasi biasanya diperuntukkan bagi untuk usaha kelompok.

Meski menjadi tempat yang menawarkan pinjaman dengan sejumlah uang, namun pencairan dana pinjaman dari koperasi tidak dapat dilakukan secara langsung.

Terkadang dana yang dipinjamkan cair dalam waktu yang cukup lama karena prosedur yang cukup rumit.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Pinjaman

Sebelum melakukan pinjaman sejumlah uang, ada baiknya untuk Anda memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

  1. Melakukan pinjaman jika benar-benar mendesak

Mengingat sejumlah syarat yang harus Anda ajukan dan suku bunga yang cukup tinggi yang harus Anda bayar suatu hari nanti, Anda sebaiknya pinjaman dana tunai jika benar-benar terdesak.

Sebaiknya tidak melakukan pinjaman hanya karena mengikuti tren, atau iming-iming pinjaman dengan suku bunga yang rendah.

  1. Memilih Pinjaman secara Tepat

Jika Anda melakukan pinjaman ke sebuah lembaga atau perseorangan, Anda harus tepat dalam memilih tempat pinjaman tersebut.

Bukan hanya karena Anda membutuhkan dana secara cepat, lantas Anda dapat melakukan pinjaman secara asal. Terutama jika pinjaman yang Anda lakukan harus menggunakan jaminan.

Jika Anda salah memilih dari mana Anda mendapatkan jaminan, maka bisa jadi Anda kehilangan barang yang Anda jadikan sebagai jaminan.

Maka dari itu, teliti terlebih dahulu sebelum lakukan pinjaman. Meski lembaga atau perseorangan tersebut menawarkan memberikan pinjaman dengan bunga yang rendah.

  1. Kemampuan Membayar Pinjaman

Sebelum melakukan pinjaman dana, ada baiknya juga untuk memperhitungkan kapasitas atau kemampuan dalam melakukan pembayaran.

Terlebih lagi jika melakukan pinjaman dana tunai memiliki tingkat suku bunga yang terlalu besar.

Jika pinjaman dilakukan d iluar batas kemampuan dan tidak sesuai dengan penghasilan Anda, maka pinjaman akan menjadi lebih memberatkan.

Bahkan, Anda juga dapat melakukan pinjaman lainnya untuk menutup pinjaman dana yang sudah ada.

Pinjaman KTA (Kredit Tanpa Agunan)

Sekarang ini, sudah banyak juga bank yang menawarkan pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat dengan sistem KTA. KTA merupakan Kredit Tanpa Agunan.

KTA merupakan pinjaman yang dikeluarkan pihak bank. KTA merupakan program pemerintah untuk membantu masyarakat dalam hal keuangan.

Kegunaan dana hasil pinjaman dari KTA juga dapat dilakukan untuk berbagai kebutuhan. Seperti untuk melakukan usaha, dan kepentingan lainnya.

Prosedur Melakukan Pinjaman Dana Tunai KTA

Untuk mendapatkan pinjaman dana dari KTA perlu dilakukan beberapa hal mengikuti prosedur yang ada. Sementara prosedur melakukan pinjaman dari KTA setiap dari setiap bank memiliki prosedur yang berbeda.

Untuk mendapatkan pinjaman dari KTA Anda dapat mengunjungi beberapa bank swasta atau BUMN yang ditunjuk pemerintah untuk memberikan pinjaman dana KTA.

Syarat yang dibutuhkan untuk melakukan KTA yaitu menyiapkan sejumlah dokumen.

Dokumen yang dibutuhkan untuk mendapatkan KTA diantaranya yaitu:

  • fotokopi KTP atau passport
  • fotokopi kartu kredit
  • fotokopi ID card
  • fotokopi cover buku tabungan, mutasi buku rekening tabungan selam 3 bulan terakhir
  • slip gaji terakhir, arsir kartu kredit bagian depan
  • fotokopi kartu kredit yang dikeluarkan oleh bank lain dengan minimal keanggotaan 1 tahun.

Pinjaman dari Pegadaian

Selain bank, lembaga resmi yang menawarkan memberikan pinjaman yaitu pegadaian. Sistem pinjaman dana dari pegadaian tidak berbeda jauh dari bank.

Bedanya, pegadaian lebih cepat dalam memberikan jaminan. Bahkan jika syarat yang dibutuhkan terpenuhi, dalam hitungan menit hingga jam pegadaian sudah dapat memberikan pinjaman sejumlah uang.

Prosedur Peminjaman Uang dari Pegadaian

Berbeda dengan sistem KTA, untuk mendapatkan pinjaman dana tunai dari pegadaian diperlukan jaminan. Prosedur untuk melakukan pinjaman di pegadaian sendiri diantaranya yaitu dengan menyiapkan persyaratan pinjam di pegadaian.

Persyaratan untuk pinjam di pegadaian diantarnya yaitu:

  • fotokopi KTP dan surat atau sertifikat barang yang dijadikan sebagai jaminan
  • jangan lupa untuk membawa jaminan yang akan digunakan untuk melakukan peminjaman

Barang yang digunakan untuk jaminan pinjaman cukup beragam, diantaranya yaitu emas, kendaraan serta jenis jaminan yang lain.

Setelah semua persyaratan yang dibutuhkan sudah lengkap, maka yang perlu Anda lakukan yaitu datang ke pegadaian terdekat.

Anda hanya perlu untuk bertemu petugas pegadaian untuk mendapatkan pinjaman.

Petugas pegadaian akan memproses pinjaman Anda dengan cepat. Petugas pegadaian akan menghitung nilai benda yang Anda jadikan sebagai jaminan.

Namun Anda tidak bisa mendapatkan pinjaman secara seratus persen dari nilai benda yang dijadikan jaminan. Anda hanya bisa mendapatkan pinjaman sekitar 85 persen dari total harga jaminan.

Baca juga: Pinjaman Modal Usaha Untuk Memulai Bisnis

Baca juga: Perlu Tahu! Serba-Serbi Pinjaman Uang Tanpa Jaminan

Selain itu, Anda juga harus membayar biaya administrasi untuk mendapatkan pinjaman. Biaya administrasi yang dibayar biayanya tergantung dari jumlah pinjaman dana tunai Anda.

Semakin besar nilai pinjaman yang Anda pinjam, maka biaya administrasi juga ikut besar. Biaya administrasi biasanya dibayar ketika melakukan pinjaman.

Jika sudah membayar biaya administrasi maka selanjutnya Anda sudah memperoleh pinjaman dari pegadaian.

Anda juga akan menerima surat pinjaman dari pegadaian yang berguna untuk mengambil barang yang Anda gadai. Surat tersebut juga digunakan saat pembayaran pinjaman.

Lama Anda dapat melakukan pinjaman di pegadaian biasanya ditentukan, yaitu beberapa bulan dari mulai proses peminjaman.

Jika Anda tidak bisa melakukan pembayaran pinjaman, atau setidaknya membayar pinjaman secara mengangsur pihak pegadaian memiliki hak untuk melelang barang jaminan Anda.

Pegadaian sendiri juga memiliki jenis biaya lain yang harus Anda bayarkan yaitu biaya penitipan jaminan yang harus dibayar di akhir.

Maka dari itu, jika Anda tidak menginginkan barang yang Anda gunakan sebagai jaminan untuk dilelang, maka sebaiknya Anda membayar pinjaman sebelum jatuh tempo. Atau membayar secara diangsur.

Sebenarnya Anda juga dapat memperpanjang lamanya pinjaman dengan datang langsung ke pegadaian.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan pinjaman dana tunai. Sebelum melakukan pinjaman, Anda sebaiknya memperhatikan beberapa hal mengenai melakukan pinjaman.

Seperti tempat melakukan pinjaman, besarnya suku bunga yang diberikan, cara pembayaran pinjaman, prosedur mendapatkan pinjaman hingga jenis jaminan yang harus berikan.

Leave a Reply