Usaha Kuliner yang Menjanjikan dengan Modal Minimal!

Makanan adalah salah satu dari 3 kebutuhan pokok manusia. Tanpa makanan, manusia tentunya tidak mempunyai tenaga untuk melakukan aktivitas yang lain. Karena itulah makanan merupakan sesuatu yang penting di hidup kita. Bisnis makanan pun menjadi salah satu bisnis yang sangat populer karena setiap saat dan setiap orang pasti membutuhkan makanan.

Usaha kuliner bisa dilakukan untuk skala bisnis rumah tangga. Usaha ini adalah usaha kuliner yang menjanjikan karena memiliki peluang yang sangat bagus untuk sekarang maupun untuk waktu yang akan datang.

Hal ini disebabkan karena banyaknya permintaan pasar yang terus menerus meningkat. Usaha kuliner yang menjanjikan ini cocok untuk ibu rumah tangga yang memiliki hobi di bidang memasaka atau siapapun yang mempunyai kemampuan memasak yang cakap.

Baca juga: Peluang Usaha Kuliner Ringan Modal Kecil Tapi Prospek Cerah

Usaha kuliner ini bisa dilakukan dengan modal yang sedikit saja. Usaha ini sangat menguntungkan untuk jangka yang panjang jika dikerjakan dengan serius dan tekun. Untuk melakukan usaha kuliner ini cukup mudah dan bisa dikerjakan oleh ibu rumah tangga atau siapaun yang memiliki ketertarikan dalam dunia memasak dan tertarik untuk mencoba resep makanan baik makanan Indonesia ataupun yang lainnya.

Saat ini gaya hidup masyarakat sudah berubah terutama di kota besar. Seperti contohnya makin banyak yang sering makan di luar rumah entah bersama teman atau keluarga di akhir pekan.

Selain makan berat, mereka juga sering nongkrong di kafe-kafe. Hal ini sangat mudah kita temukan, bahkan bukan hanya pada akhir pekan saja. Kebiasaan makan di luar inilah yang menjadi faktor mengapa usaha kuliner menjadi sangat menjanjikan.

Jika Anda ingin usaha kuliner yang menjanjikan entah itu makanan berat atau makanan ringan, maka sebaiknya buatlah rencana dan persiapan yang matang. Lakukan beberapa riset dan analisa pasar untuk mengeetahui jenis makanan seperti apa yang sekarang sedang digemari oleh masyarakat namun produsennya masih terbatas.

Pic Source: Pixabay.com

Kunci Sukses Memulai Usaha Kuliner yang Menjanjikan

Usaha kuliner baik makanan berat maupun makanan ringan sangat memerlukan ketekunanserta manajemen yang baik. Kebanyakan pengusaha kuliner yang sukses adalah pengusaha yang sudah lama berjualan sehingga mempunyai pelanggan tetap.

Selain itu makanan yang mereka jual juga rasanya enak dan sangat inovatif. Sebenarnya kunci utama untuk memiliki usaha kuliner yang menjanjikan adalah dengan terus berkreasi dan berinovasi. Berikut ini adalah beberapa hal yang mempengaruhi kesuksesan seseorang yang melakukan bisnis di bidang makanan.

  1. Makanan harus mempunyai kualitas yang baik

Jika Anda bertanya jualan makanan apa yang laris? Tentu jawabannya beragam. Namum jika ingin jualan Anda laris, makanan Anda harus memiliki kualitas yang baik entah itu dari segi bahan yang digunakan, proses pengolahan, penyajian, bahkan pengemasan untuk makanan ringan.

Bahan yang digunakan harus bahan yang aman, higienis, dan pastinya tidak mengandung zat yang berbahaya. Dalam mengolah bahan pun juga harus mengikuti aturan yang berlaku. Misal jika Anda menjual makanan berat atau ringan yang digoreng, maka gorenglah dengan minyak yang berkualitas dan harus diganti secara berkala.

Kemudain sajikan atau kemaslah makanan yang sudah digoreng tersebut dengan penyajian dan pengemasan yang menarik dan bagus.

  1. Makanan yang dijual harus penuh inovasi baik produk ataupun cara pemasarannya

Jualan makanan apa yang laris? Makanan yang laris adalah makanan yang mempunyai inovasi dan kreativitas tinggi untuk menciptakan suatu makanan yang beda daripada yang lain. Karena inovasi dan kreativitas itulah yang membuat produk makana Anda lebih sering dicari dan dibedakan oleh konsumen.

Sebenarnya tidak menjadi masalah jika Anda ingin menjual makanan yang sudah dijual oleh banyak orang, yang penting produk makanan Anda yang dijual tersebut berbeda secara inovasi dan kreativitas dengan makanan yang sudah beredar di pasaran.

  1. Mencocokan strategi penjualan dengan target pasar yang diincar

Strategi penjualan sudah pasti akan mempengaruhu perkembangan usaha kuliner Anda kedepannya. Karena itulah sebagai pengusaha kuliner yang masih pemula, Anda harus bisa membangun strategi penjualan yang cocok dan mampu membaca pasar untuk meningkatkan penjualan makanan Anda.

Hal ini bisa dilakukan dengan cara memberi diskon, membagikan sampel produk makanan secara gratis kepada orang-orang di area yang menjadi target pasar Anda serta menambah bobot makanan.

  1. Selalu berpikir ke depan

Sebagai pengusaha kuliner, Anda wajib untuk selalu berpikir ke depan dan menyeluruh. Selain itu jangan lupa untuk selalu berpikiran positf. Hal-hal ini harus ditanamkan dalam jiwa dan pikiran Anda agar usaha kuliner Anda sukses.

Dalam menjalankan usaha di bidang yang satu ini, Anda pastinya dituntut untuk melayani pelanggan dengan cermat dan baik. Anda butuh pikiran yang jernih dan baik untuk membantu berpikir kedepan dengan tenang dan matang.

Jauhkan segala hal-hal yang berbau negatif dan jangan berpikiran sempit karean apa yang Anda pikirkan bisa menjadi kenyataan. Sangat penting untuk selalu positif terhadapa segala hal.

  1. Ramah terhadap pelanggan

Karena pelanggan adalah raja, maka Anda harus melayani pelanggan dengan sangat baik dan bijaksana. Walaupun Anda tidak kenal dengan pelanggan tersebut, namu usahakan untuk melayani mereka dengan baik.

Ciptakan kesan yang ramah kepada pelanggan, entah dengan tersenyum atau menyapa. Dengan begitu pelanggan akan merasa senang dengan pelayanan Anda dan akan berkunjung kembali membeli makanan Anda.

  1. Gunakan sosial media untuk media promosi

Tips terakhir adalah memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan produk makanan Anda. Sosial media mempunyai pengaruh yang cukup besar. Dengan gencar mempromosikan produk Anda lewat sosial media akan memberikan dampak yang positif.

Tips Sukses Bisnis Makanan

Setelah Anda mengetahui tips untuk sukses berbisnis makanan, kini saatnya memilih dan mulai usaha jual makanan yang laris. Berikut ini adalah beberapa ide usaha baik makanan berat maupun makanan ringan.

  1. Usaha Kedai Kopi

Nongkrong di kafe sembari menyesap kafe adalah salah satu kegiatan yang menjadi populer di kalangan anak muda. Ditambah lagi kopi adalah minuman favorit sebagian besar masyarakat Indonesia baik tua maupun muda.

Indonesia bahkan mempunyai beragam jenis kopi, misalnya kopi luwak yang menjadi kopi paling mahal sedunia karena memiliki cita rasa dan proses pembuatan yang khas. Modal untuk usaha kedai kopi ini tergantung dari besar kecilnya usaha Anda. Jika Anda ingin membuka angkringan atau warung kopi sudah pasti modalnya sedikit.

Namun untuk membuka kafe diperlukan modal yang besar. Jangan lupa untuk berjualan makanan juga jika Anda ingin membuka usaha kedai kopi. Jika Anda membuka angkringan maka jangan luap untuk menjual aneka sate dan nasi kucing.

  1. Usaha Gorengan

Jualan makanan apa yang laris? Gorengan jawabannya! Siapa disini yang tidak suka gorengan? Tidak ada. Semua orang suka gorengan. Berjualan gorengan adalah bisnis makanan ringan yang menjanjikan.

Gorengan adalah makana ringan yang tidak pernah mati dan selalu dicari-cari oleh semua orang. Beberapa jenis gorengan yang biasa dijual antara alin: mendhoan, tempe goreng, tahu goreng, pisang goreng, pisang molen, cireng, risol, dan masih banyak lagi gorengan yang biasa dijual. Berjualan gorengan tidak butuh sewa tempat, Anda bisa menjual di pinggir jalan sehingga akan menghemat modal.

  1. Usaha Roti Bakar atau Martabak Mini

Selain gorengan, roti bakar dan martabak adalah bisnis makana ringan yang menjanjikan. Roti bakar dan martabak adalah favorit semua orang baik orang tua maupun anak muda. Bisnis makanan ringan yang satu ini dapat dilakukan dengan modal yang kecil.

Untuk tempat berjualan juga bisa dilakukan di pinggir jalan, taman, kedai, dan tempat yang ramai lainnya. Jenis roti bakar dan martabak yang bisa dijual ini sangat bervariasi seperti cokelat, keju, green tea, red velvet dan masih banyak rasa lainnya sesuai dengan selera konsumen.

Namun akhir-akhir ini rasa yang populer untuk roti bakar atau martabak adalah green tea, oreo, ovomaltine, dan nutella.

  1. Usaha Singkong Keju

Usaha singkong keju memang masih jarang yang menjalankannya namun bukan berarti usaha ini adalah usaha yang tidak laku. Malah jika dilakukan dengan benar, usaha singkong keju dapat menjadi bisnis makanan ringan yang menjanjikan.

Singkong keju adalah makanan ringan yang mempunyai peminat yang cukup banyak dan dapat dijadikan sebagai lading untuk berbisnis. Bahan untuk makanan ringan ini mudah ditemukan dan harganya sangat murah.

Proses pembuatannya pun mudah dan sederhana. Anda bisa menambahkan bumbu perasa agar singkong keju menjadi nikmat seperti rasa singkong keju pedas, singkong keju barbeque, singkong keju cokelat dan masih banyak lagi varian rasa yang lainnya.

  1. Usaha Keripik

Keripik bisa dijadikan sebagai bisnis makanan ringan yang menjanjikan. Keripik juga merupakan makanan ringan favorit semua orang. Peminat keripik tidak pernah berkurang.

Baca juga: Bingung Membuka Usaha? Cobalah Usaha Makanan Unik yang Sedang Tren Saat Ini!

Anda dapat menjual keripik dengan aneka bahan seperti keripik singkong, keripik kentang, keripik pisang, atau menggunakan bahan yang lain sesuai dengan kreativitas dan inovasi Anda. Rasa untuk keripik juga bisa disesuaikan dengan inovasi Anda.

Bisnis Kuliner yang Telah Menuai Sukses

Sekarang Anda sudah tahu jualan makanan apa yang laris di pasaran. Sekarang mari kita tengok beberapa bisnis kuliner yang sudah menuai kesuksesan dan bisa memotivasi anda untuk meraih sukses.

  1. Keripik Maicih

Keripik ini sangat terkenal denga tingkat kepedasannya. Keripik singkong pedas ini adalah hasil kreativitas Reza Nurhilman yang merupakan lulusan Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Maranatha, Bandung.

Rasa pedasnya yang mempunyai tingkat kepedasan yang berbeda serta pemasarannya yang berpindah-pindah itulah yang membuat Keripik Maicih menjadi populer. Produk ini adalah hasil inspirasi dari pertemuan Reza dengan seorang nenek. Keripik Maicih sudah meraup keuntungan hingga miliaran rupiah setiap bulannya.

  1. Tela Krezz

Walaupun Firmansyah adalah lulusan dari Fakultas Hukum, namun dia bisa membuat bisnis yang menghasilakn keuntungan hingga 300 juta rupiah tiap bulannya. Dengan modal 3 juta rupiah, beliau berhasil membuat Tela Krezz menjadi sukses dan mmepunyai 250 gerai hanya dalam waktu 11 bulan saja.

  1. Spesial Sambal

Special Sambal atau SS adalah usaha kuliner yang menjanjikan. Didirikan pertama kali di Jogja pada tahun 2002, sekarang SS sudah mempunyai 40 outlet yang tersebar di Jogja, Semarang, Solo, Purwokerto, Malang, Jakarta, hingga Pekanbaru. Terinspirasi dari orang Indonesia yang menyukai sambal, Yoyok Hery Wahyono menghadirkan sambal dengan 30 varian yang menakjubkan.

Leave a Reply