Usaha Makanan Unik dan Murah Yang Bisa Kita Coba

Bisnis kuliner bisa dibilang sebagai bisnis yang tak akan pernah mati. Bagaimana tidak? Semua makhluk hidup termasuk manusia memerlukan makanan agar bisa bertahan hidup. Idealnya, kita harus makan sebanyak tiga kali sehari dengan kandungan gizi yang seimbang agar bisa menjaga kesehatan tubuh.

Tak hanya makanan berat seperti nasi dan lauk pauk saja yang laris manis di pasaran, makanan ringan atau camilan yang kerap dikonsumsi di sela-sela waktu makan juga memiliki peminat yang tidak sedikit. Usaha makanan unik dan murah dapat dengan mudah kita temukan di sekitar.

Bahkan, dengan sedikit kreativitas dan keberanian dalam berusaha, kita juga bisa memulau bisnis kuliner sendiri.

Source Pic: Pixabay.com

Ragam makanan ringan ini sendiri sangat beragam. Sebut saja mulai dari keripik, siomay, gorengan, batagor dan lain-lain. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, namun rata-rata memiliki harga yang terjangkau.

Porsi dari makanan ringan ini sendiri terbilang kecil dan bisa habis dalam beberapa suap. Ini karena makanan ringan hanya sebagai camilan dan bukan makanan wajib sehari-hari.

Sebelum menilik apa saja jenis usaha makanan unik dan murah yang bisa kita jalankan, terlebih dahulu kita simak aneka tips dalam berjualan makanan.

Hal ini penting agar usaha kita dapat dilirik banyak orang dan tentunya mendatangkan keuntungan.

Kunci Sukses Pemula Dalam Berbisnis Makanan Ringan

Bisnis makanan ringan memang membutuhkan ketekunan dan juga manajemen yang baik. Ada banyak hal yang turut mempengaruhi keberhasilan bisnis makanan ringan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1.Kualitas Makanan

Pertama, pastikan makanan ringan yang dijual memiliki kualitas yang bagus. Perhatikan bahan yang digunakan, pengolahan hingga pengemasannya.

Bahan yang digunakan harus berupa bahan yang higienis serta tidak ada zat berbahaya di dalamnya. Cara pengolahan makanan juga harus diperhatikan. Sebagai contoh apabila kita menjual gorengan, maka goreng menggunakan minyak yang berkualitas serta gantilah minyaknya secara berkala.

Jangan lupakan pula kemasan dari makanan ringan tersebut. Kemasan yang unik serta menarik terutama akan menarik minat pembeli dalam mencoba mencicipi dan kemudian tertarik untuk menjadi pelanggan.

2.Inovasi Bisnis

Bisnis makanan ringan juga membutuhkan inovasi. Inovasi ini terutama dari segi produk serta cara pemasarannya.

Banyak orang terjun ke bisnis kuliner terutama makanan ringan, tapi tidak semuanya berhasil dan sukses. Rahasianya ada pada inovasi serta kreativitas dari pebisnis yang melakoninya.

Melakukan inovasi pada produk yang dijual, misalkan dengan menghadirkan menu yang unik serta tampilan yang berbeda dari produk lain, akan membuat orang lebih tertarik pada produk kita dan akhirnya menjadi pembeli.

Demikian juga dengan cara pemasaran atau promosi. Promosi merupakan hal yang tak terlepas dari bisnis. Dengan promosi yang baik, kita dapat menjangkau lebih banyak orang dan menjual produk pada lebih banyak pelanggan.

Di era digital seperti sekarang ini, promosi terutama dapat dilakukan melalui sosial media.

3.Hubungan Pembeli-Pelanggan

Ketiga, guna menjaga loyalitas pelanggan, bangunlah hubungan yang baik dengan mereka. Hal ini terkait dengan customer satisfaction atau kepuasan pelanggan.

Pelanggan yang puas akan datang kembali untuk membeli dan tidak menutup kemungkinan juga akan ikut mempromosikan usaha kita pada rekan-rekannya.

Memberikan pelayanan yang baik pada pelanggan merupakan salah satu tips dalam bisnis makanan ringan serta bisnis lain yang kadang sering kali disepelekan. Pebisnis seringkali berfokus pada produk, keuntungan dan modal namun menganggap kepuasan pelanggan sebagai hal sampingan.

Hal ini keliru mengingat pelanggan adalah pihak yang sangat menentukan keberhasilan usaha kita. Memberikan pelayanan yang baik termasuk ke dalam menjaga kepuasan pelanggan.

4.Strategi Penjualan

Terakhir, buatlah strategi penjualan yang sesuai dengan segmen pasar yang kita incar. Sebagai contoh adalah dengan memberikan diskon, sampel makanan gratis, dan lain sebagainya.

Ide Makanan Unik dan Kreatif

Salah satu kunci sukses yang tertera di atas adalah inovasi, terutama dari segi produk yang dipasarkan. Dengan produk yang unik, menarik serta lain daripada yang lain, kita akan dapat menarik lebih banyak pembeli serta meningkatkan omzet usaha.

Tentu, hal ini masih harus diimbangi dengan kualitas dari produk itu sendiri serta strategi penjualan yang sesuai. Berikut adalah beberapa ide makanan unik kreatif yang bisa kita coba sebagai bisnis makanan ringan di rumah.

Keripik Buah

Pertama ada keripik kering yang terbuat dari buah-buahan. Kita mungkin sudah familiar dengan keripik kentang atau keripik ubi. Tapi, keripik dari buah-buahan?

Keunikan ini akan membantu orang untuk lebih tertarik pada usaha kita. Keripik sendiri termasuk ke dalam makanan ringan yang populer di pasaran karena rasanya renyah serta biasa dikonsumsi sambil menonton televisi atau bersantai.

Rasanya asin serta manis sehingga menambah kenikmatan saat menyantapnya. Usaha makanan unik dan murah ini dibuat dengan cara mengeringkan buah agar kandungan air di dalamnya hilang, dijemur kemudian digoreng menggunakan minyak panas.

Aneka buah segar yang dapat digunakan antara lain adalah nanas, apel, pisang dan lain sebagainya.

Ramen Burger

Ide makanan unik kreatif lainnya adalah ramen burger. Seperti namanya, makanan yang satu ini menggabungkan antara roti isi yaitu burger yang khas Barat dengan mie ramen yang merupakan salah satu kuliner khas Timur, khususnya Jepang.

Ramen burger sendiri bukan hal baru di Jepang. Pebisnis kuliner Jepang Keizo Shimamoto secara kreatif menggabungkan ramen serta burger menjadi satu makanan yang terbukti nikmat serta menguntungkan.

Burger yang umumnya diapit sepasang roti, diganti menggunakan mie ramen yang telah digoreng dengan menggunakan telur. Isi dari ramen burger ini sendiri adalah daging burger medium rare, mi ramen, saus shoyu, daun arugula serta daun bawang.

Hasil kreasi Keizo Shimamoto ini terbukti laris saat ia membuka stan di pameran makanan yang bertempat di Smorgasburg, Brooklyn, New York. Sebanyak seratus lima puluh burger ramen berhasil ia jual dalam waktu singkat.

Keizo bahkan sempat menjadi bintang tamu di acara Good Morning America guna memamerkan ramen burger yang dibuatnya tersebut. Ide makanan unik kreatif ini bisa kita jadikan inspirasi dalam menggabungkan dua makanan menjadi satu menu baru yang menarik dan belum pernah ada sebelumnya.

Croquette Sandwich

Ide makanan unik kreatif lainnya dengan cara menggabungkan dua makanan berbeda di Jepang juga bisa kita temukan dari menu berikut ini. Namanya adalah croquette sandwich, yang merupakan perpaduan antara makanan Barat serta Belanda.

Isi dari croquette sandwich ini antara lain ialah cream salad telur, saos tomat, mayonaise serta daun parseley. Makanan ini terutama cukup populer di daerah Osaka, Jepang.

Sosis Mummy

Usaha makanan unik dan murah juga dapat dibuat secara mudah. Salah satunya adalah sosis kue gulung Mumi. Ide unik ini terutama dari segi penyajiannya serta nama Mumi yang digunakan.

Cara membuatnya sangat sederhana, yaitu dengan membuat adonan kue yang dibentuk panjang lalu dililitkan di sepanjang sosis tersebut. Rekatkan menggunakan putih telur agar tidak terlepas saat digoreng.

Setelah matang, tambahkan dua mata pada bagian atas sosis yang tidak tertutup kue. Mata pada sosis ini bisa menggunakan nori atau rumput laut kering. Hal ini akan menjadikan tampilan makanan tampak seperti mumi.

Harga dari makanan ini juga tidak terlalu mahal sehingga tetap terjangkau.

Pisang Lapis Cokelat

Bisnis makanan ringan berikutnya adalah dengan menjual pisang lapis coklat. Siapa yang tidak suka cokelat?

Apalagi kalau diolah secara khusus dan dijadikan bahan tambahan untuk makanan lain, pasti semakin banyak orang menyukainya. Pilih buah pisang yang memiliki kualitas bagus, lalu potong dan celupkan ke dalam cokelat.

Masukkan ke dalam freezer agar beku dan cokelat tidak berlepotan saat hendak dikonsumsi. Agar tampilan semakin menarik, kita bisa menambahkan aneka topping seperti meses di atas permukaan cokelat.

Selain mudah dibuat dan memiliki harga yang murah, makanan ini juga memiliki rasa yang nikmat.

Bekal Makanan Sekolah Anak

Bisnis makanan ringan juga dapat berupa bekal makanan untuk anak-anak saat akan berangkat sekolah. Seringkali orangtua merasa kesulitan dalam memberikan bekal makan siang karena anak-anak yang susah makan.

Dengan sedikit kreativitas, kita bisa membuat bekal anak sekolah yang dikreasikan menjadi beragam bentuk karakter kartun menarik. Kita bisa membuatnya dari nasi dan lauk pauk biasa yang dibentuk sedemikian rupa hingga membentuk Doraemon, Hello Kity, Pokemon, dan aneka bentuk menarik lainnya.

Anak-anak akan semakin tertarik dalam mencoba makan siangnya dan kita bisa mendapat keuntungan dari berjualan bekal makan siang unik ini.

Makanan Mini

Makanan yang unik dan menarik minat pembeli seringkali dikarenakan ukurannya yang terlampau kecil atau sebaliknya, terlampau besar.

Sebagai contoh adalah martabak mini atau pizza mini yang pasti sudah sering kita temukan di sekitar kita. Walau dijual dalam ukuran under size alias lebih kecil dari ukuran biasanya, namun cemilan-cemilan ini terbukti laris di pasaran serta memiliki banyak penggemar.

Keunikan dari makanan serta kualitas rasa yang tetap dipertahankan adalah kuncinya. Dari makanan yang memiliki ukuran tidak biasa ini, kita bisa mengambil inspirasi juga untuk membuat makanan lain dalam ukuran yang tak kalah mini.

Sebagai contoh adalah dengan membuat burger mini, hot dog mini dan lain-lain. Tak hanya makanan mini, makanan yang berukuran ekstra besar atau oversize juga tak kalah banyak peminatnya.

Terutama adalah karena makanan ekstra besar ini bisa dimakan bersama-sama atau termasuk dalam sharing food. Sehingga, satu makanan dapat dikonsumsi oleh dua hingga tiga orang.

Baca juga: Bingung Membuka Usaha? Cobalah Usaha Makanan Unik yang Sedang Tren Saat Ini!

Baca juga: Usaha Kuliner yang Menjanjikan dengan Modal Minimal!

Menghadirkan produk yang menarik termasuk dalam inovasi usaha. Seperti telah disebutkan di atas bahwa bisnis kuliner adalah bisnis yang tidak akan pernah mati.

Ini artinya, selain bisnis kuliner dapat selalu dijalankan di mana saja dan kapan saja, bisnis kuliner juga akan selalu memiliki pesaing.

Salah satu cara agar dapat bersaing secara sehat dan tetap mendatangkan keuntungan bagi usaha kita adalah dengan melakukan inovasi.

Usaha makanan unik dan murah di atas juga termasuk dalam usaha homemade alias bisa dijalankan dari rumah. Selain itu, modal yang diperlukan juga relatif tidak terlalu banyak. Kita bisa memulainya dengan cara memasarkan produk pada orang-orang terdekat seperti teman-teman, keluarga dan kerabat dekat.

Jika usaha telah mulai berkembang, kita bisa mulai memperluas usaha dengan merekrut karyawan. Bukan tidak mungkin apabila usaha homemade ini dapat menjadi lapangan usaha nantinya, tentu apabila kita mengerjakannya secara serius.

Leave a Reply